Mitsubishi Ajak Nostalgia Penggemarnya Lewat Foto Bus Jadul

Mitsubishi Ajak Nostalgia Penggemarnya Lewat Foto Bus Jadul
Salah satu hari bersejarah bagi pabrikan tersebut terjadi pada 28 Juni 1989. Di mana fasilitas pabrik mereka di Oe-Machi, Nagoya-Jepang merayakan peluncuran bus ke 100.000
 

Big bus Mitsubishi Aero Queen saat ini sudah memasuki generasi ke-5. Namun sejarah panjangnya sudah dimulai di tahun 80-an sebagai penerus Fuso Tourist Bus.

Salah satu hari bersejarah bagi pabrikan tersebut terjadi pada 28 Juni 1989. Di mana fasilitas pabrik mereka di Oe-Machi, Nagoya-Jepang merayakan peluncuran bus ke 100.000 yang mereka produksi. Hal ini pun dibagikan oleh Mitsubishi melalui akun Facebook mereka untuk membagi nostalgia pada penggemarnya.

"Waktu berlalu ketika Anda bersenang-senang! 31 tahun yang lalu, pabrik kami di Oe meluncurkan bus ke-100.000," tulis caption foto yang menunjukan bus Aero Queen tipe M yang siap meluncur.

Hal ini langsung mendapat respon beragam. Terutama kenangan pengguna bus yang dijuluki Panda Mask tersebut. Rata-rata menyebut jika bus yang kerap digunakan sebagai armada bus malam tersebut terbilang kencang. Maklum, Aero Queen tipe M saat itu mengusung mesin 8DC11 berkapasitas 17.737 cc dengan rentang tenaga 330-365 PS.

Saat ini, Aero Queen mengalami ubahan paling mutakhir pada 2018 lalu. Yaitu dengan penggunaan mesin 6S10 7.700 cc yang merupakan pengembangan bersama Daimler. Kemudian ada juga penambahan fitur Active Attention Assist, Active Brake Assist 3 dan Proximity Control Assist.