Mitsubishi Hadirkan Big Bus Wisata Berpintu Lipat

Mitsubishi Hadirkan Big Bus Wisata Berpintu Lipat
Mitsubishi Fuso Truck and Bus Co., Ltd. dikabarkan mulai menjual bus wisata besar "Aero Queen" dan "Aero Ace" dengan spesifikasi pintu lipat.
 

Di Indonesia, big bus berpintu lipat mungkin identik dengan bus-bus non AC untuk kebutuhan dalam kota. Namun hal ini justru dianggap berbeda di Jepang.

Pasalnya belum lama ini Mitsubishi Fuso Truck and Bus Co., Ltd. dikabarkan mulai menjual bus wisata besar "Aero Queen" dan "Aero Ace" dengan spesifikasi pintu lipat.

Mereka mulai menjual bus wisata besar dengan spesifikasi pintu lipat untuk memenuhi kebutuhan tinggi pada rute jarak pendek. Konsumen pertama yang memakai bus tersebut adalah perusahaan Meitetsu Bus Co., Ltd. dari Kota Nagoya.

Dari laman resminya, disebutkan jika bus dengan pintu lipat memiliki keunggulan dalam meningkatkan penumpang naik dan turun, meningkatkan jarak pandang dan keselamatan untuk mencegah kecelakaan, dan meningkatkan stabilitas kinerja tepat waktu.

Lalu dalam hal kemudahan penumpang untuk naik dan turun, pintu lipat membutuhkan ruang yang lebih kecil daripada pintu ayun (engsel). Sehingga memungkinkan untuk berhenti di dekat halte bus tempat penumpang menunggu.

Efek lainnya, bus ini juga memperluas lebar anak tangga dan memasang palang pegangan pengangkat di sisi kiri dan kanan untuk meningkatkan kemudahan naik dan turun penumpang.

Dalam hal bukaan pintu, waktu yang dibutuhkan untuk membuka dan menutup pintu di halte dapat dipersingkat dibandingkan dengan pintu ayun. Kendaraan dengan spesifikasi pintu lipat sangat diminati terutama pada rute jarak pendek, dan telah dikembangkan sebagai tanggapan atas permintaan dari operator bus.

"Spesifikasi pintu lipat adalah hal yang memungkinkan Anda untuk naik dan turun dengan lancar dan aman," ucap Katsuto Takara, Manajer Umum, Divisi Bisnis Bus, Mitsubishi Fuso Truck dan Bus.