Pakai Biometana Limbah Babi, Bus Scania Kurangi 83 Persen Polusi!

Pakai Biometana Limbah Babi, Bus Scania Kurangi 83 Persen Polusi!
Biometana diproduksi di pabrik produksi Naturgy di Vila Sana (Lérida), Spanyol. Zat itu diperoleh lewat pemurnian biogas yang dihasilkan dari aneksasi limbah babi di peternakan.
 

Ada banyak cara untuk mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bus. Mulai dari menggunakan sumber penggerak listrik, sistem hidrogen fuel cell atau memakai mesin yang mampu mengonsumsi bahan bakar biometana. Seperti yang dilakukan Scania.

Belum lama ini pabrikan asal Swedia tersebut menghadirkan bus berbahan bakar biometana di Zaragoza, Spanyol. Ada empat bus biometana yang dioperasikan oleh Grupo Aragon Tours dengan rute 210 Regular Line dari Zaragoza ke Villamayor de Gállego.

Secara spesifikasi, bus Scania ini dapat ditenagai oleh CNG atau biometana dan memiliki tenaga 340 PS dan girboks otomatik. Dengan tangki penuh klaim daya jelajahnya sekitar 800 km.

Mesin CNG generasi baru Scania memberikan pengurangan kebisingan 50 persen selama pengoperasian. Dan berkat penerapan biometana, polusi karbon dapat dikurangi hingga 83 persen.

Bahan bakar biometana bus ini diproduksi oleh Naturgy. Biometana diproduksi di pabrik produksi Naturgy di Vila Sana (Lérida). Zat itu diperoleh lewat pemurnian biogas yang dihasilkan dari aneksasi limbah babi di peternakan.

Penggunaan bahan bakar biometana ini berdampak pada lingkungan karena mampu memanfaatkan limbah untuk menghasilkan energi yang menggerakkan bus.

Selain itu, ada juga Calvera Industrial Group yang mengintegrasikan 10 modul penyimpanan gas pada trailer khusus untuk pemindahan biometana dari pabrik pembangkitan ke titik pengisian konsumen.