Rute Bus Terpanjang Di Indonesia

Rute Bus Terpanjang Di Indonesia
Menjanjikan pengalaman tersendiri
 

Di dunia, rute bus terpanjang ada di wilayah Amerika Latin, yaitu rute dari kota Lima yang juga Ibu Kota Peru menuju Rio de Janeiro di Brazil. Jaraknya 6.200 kilometer dengan waktu tempuh 102 jam jika tanpa halangan.

Menurut “Guiness World Records”, perusahaan otobis asal Peru bernama Ormeño yang sampai sekarang konsisten dengan rute eksotis itu.

Barisan bus double decker mereka akan melintasi area hutan Amazon maupun pegunungan Andes. Sebuah pengalaman yang bakal luar biasa naik bus sampai di ketinggian 3.500 di atas permukaan laut. Tiketnya sekitar 216-264 dolar AS sekali jalan per orang.

Nah, kalau di Indonesia, salah satu rute terjauh yang juga menjanjikan variasi pemandangan serta pengalaman yaitu dari kota Bandung menuju Banda Aceh. Digawangi oleh PO Sempati Star dengan unit double decker-nya akan menempuh jarak sejauh 2.662 kilometer.

Jarak tersebut akan melewati kota-kota seperti Jakarta, Bandar Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru, maupun Medan. Mayoritas akan melewati jalur tol yang tersedia baik di pulau Jawa maupun pulau Sumatera. Waktu tempuh sekitar 68 jam.

Jika berminat harga tiket sekali jalan sekitar Rp 930 ribuan. Tetapi kalau berangkatnya dari Jakarta akan dikenai harga tiket sebesar Rp 850 ribuan.

Kalau berminat untuk berpetualang sejauh mungkin ke arah timur dengan bus, bisa memilih kota Bima sebagai tujuan akhir. Karena ada beberapa perusahaan otobus (PO) yang punya jadwal rutin ke Bima di Nusa Tenggara Barat.

Sebut saja Tiara Mas, Rasa Sayang, maupun Safari Dharma Raya. Untuk pemberangkatan setiap harinya dilakukan saat senja. Dan jarak tempuh di kisaran 1.751 kilometer itu butuh waktu tempuh sekitar 34 jam yang mayoritas akan melintasi jalur tol Trans Jawa. Harga tiketnya di kisaran angka Rp 780 ribuan untuk sekali keberangkatan.