Spesifikasi Bus Low Floor Volvo B11ERL yang Ditawarkan untuk Bus Kota di Indonesia

Bus ini memiliki keistimewaan pada rancangan lantainya yang rendah sehingga membuat akses penumpang saat naik dan turun dari bus ini menjadi mudah.
 

Volvo Bus memperkenalkan bus baru B8R low entry untuk ditawarkan sebagai bus kota di Indonesia. Satu unit bus low entry Volvo B8R lengkap dengan bodi karoserinya diperkenalkan di ajang Busworld South East Asia 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta dan mendapatkan sambutan antusias pengunjung.

Bus ini memiliki keistimewaan pada rancangan lantainya yang rendah, sehingga membuat akses penumpang saat naik dan turun dari bus ini menjadi mudah. Selain itu, bus ini dilengkapi pula dengan air suspension sehingga membuat bus mengayun lembut saat melaju di jalan raya, sehingga penumpang akan lebih nyaman.

Kabinnya cukup lebar, serta panjang hingga 12 meter, membuat bus ini mampu mengangkut penumpang dalam jumlah banyak, baik duduk maupun berdiri. Hal ini didukung oleh rangka chassis tipe modular yang memudahkan karoseri dalam mendesain rangka bodi bus.

Volvo menunjuk PT Indotruck Utama sebagai distributor dan penyedia layanan after sales service untuk penjualan bus Volvo B8R ini di Indonesia. Lalu, seperti apa spesifikasi bus ini?

PT Indotruck Utama menawarkan chassis B8R dalam dua tipe, yakni B8R standar dengan chasssis ladder frame dan B8R low entry dengan chassis modular. Untuk spesifikasi mesinnya, PT Indotruck Utama menyediakan dalam pilihan Euro 3 dan Euro 5 di masing-masing variannya. 

Mesin yang digunakan Volvo B8R

Untuk kondisi sekarang, tentu saja varian Volvo B8R Euro 3 paling sesuai untuk pasar Indonesia, dikaitkan dengan regulasi yang saat ini berlaku. B8R low entry bisa dirancang dengan panjang chassis untuk bodi bus mulai dari 10,2 sampai 12,5 meter dengan wheelbase 4,5 meter sampai 6,8 meter. Lebar kabinnya 2,5 meter dengan gross vehicle weight (GVW) yang diizinkan, maksimum 19 ton.

Bus ini dibekali dengan mesin Volvo D8C bertenaga 330 HP dengan torsi puncak 1.200 Nm. Bus ini didukung kapasitas tangki bahan bakar sebesar 300 sampai 720 liter. Kaki-kaki di roda depan menggunakan tipe Rigid Front Suspension dan axle belakang tipe single reduction RS1228C.

Air suspension di bus ini bisa dikontrol secara elektronis oleh pengemudi, suspensi ini ditunjang oleh stabilizer. Volvo menyediakan pilihan bus dengan pelek standar (besi) maupun pelek aluminium.