Suites Combi: Hotel On Wheel

Suites Combi: Hotel On Wheel
Kolaborasi kreatif antara pihak Laksana dengan ide dasar dari Sinar Jaya
 

Kendati bukan hal yang langka, namun ‘request’ dari pihak operator atau perusahaan otobus (PO) untuk dibuatkan desain bodi secara khusus ke pihak karoseri tetaplah sebagai hal yang spesial. Salah satunya Suite Combi yang merupakan kolaborasi kreatif antara pihak Laksana dengan Sinar Jaya.

“Kami mengusung konsep keluarga di sini, agar bisa bersama-sama menikmati perjalanan menggunakan sleeper bus,” terang Teddy Rusly, Direktur Utama PT Sinar Jaya Megah Langgeng saat rilis perdana Suite Combi “Gen.1” yang dibungkus bodi SR2 di tahun 2022 (21/4).

Jika sebelumnya, fasilitas sleeper hanya bisa digunakan oleh satu orang per ‘kapsul’ kali ini dengan Suites Combibus, terdapat dua kursi dalam satu kapsul. Pada kabin yang berkonfigurasi, salah satu pilihannya, 2+1. Jadi, masih ada kompartemen sleeper yang hanya dimuati oleh seorang di dalamnya.

Sedangkan di bagian tengah bus, terdapat bangku reguler layaknya bus eksekutif, dengan konfigurasi 2+2.

Pihak Laksana secara khusus menjelaskan perihal desain gabungan ini. “Salah satu tujuan kami adalah untuk menciptakan sebuah kendaraan yang dapat memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para konsumen dengan inovasi yang modern, futuristik dan nyaman. ucap Stefan Arman sebagai Technical Director Laksana waktu itu (19/3). 

Lebih lanjut, saat ditemui di ajang GIIAS 2023, Stefan Arman, juga  menyebutkan bahwa desain ‘Combi’ merupakan desain yang fleksibel. “Cocok bisa digunakan untuk (bus) pariwisata dan juga bus regular.”

Dijelaskannya lagi, untuk aplikasi sebagai bus pariwisata bisa jadi alternatif desain yang menawarkan experience berwisata yang unik dimana penumpang dapat mencoba posisi duduk dengan dua experience yang berbeda. Yang satu posisi duduk secara kenvensional, opsi lain bisa dilakukan sambil merebahkan tubuh.

Suite Combi Gem.1 tahun 2022

Suites Combi Gen.2 tahu di ajang GIIAS 2023

Bisa diaplikasi untuk big bus maupun medium bus

Untuk membangun bus dengan desain ‘Combi’ juga tidak ada batasan, bisa untuk bus ukuran sedang maupun besar. Seperti yang pernah dihadirkan pihak Laksana saat GIIAS 2022 dengan nama “Individual Series” pada bus ukuran sedang.

Sejurus kemudian dijabarkan lebih lanjut oleh Arman bahwa desain ‘Combi’ merupakan solusi lengkap bagi operator bus dalam menyediakan pilihan pelayanan dalam satu unit yang sama.

“Untuk (bus) reguler saya kira bisa dijadikan sebuah bus yang dapat mengakomodasi penumpang yang ingin berkendara dalam posisi rebahan, namun dengan suites combi ini dapat juga menampung penumpang yang relatif lebih banyak dari bus yang full suites class,” pungkasnya.

Baca juga: Mercedes-Benz OF 917 4x2: ‘Kuda Hitam’ Di Rute AKDP

Baca juga: Ternyata Jetbus 5 Versi 'KW' Makin Marak

Kompartemen sleeper Suites Combi Gen.1

Suites Combi Gen.1 untuk medium bus di ajang GIIAS 2022