Ternyata Ada Bus Social Distancing di Aceh, Paling Mewah?

Ternyata Ada Bus Social Distancing di Aceh, Paling Mewah?
PO Jasa Rahayu Gumpueng (JRG) asal Banda Aceh yang mengoperasikan bus social distancing.
 

Bus social distancing saat ini kebanyakan beredar sebagai armada antarkota di Pulau Jawa. Namun di ujung barat Indonesia, yakni di Aceh bus ini juga ada. Bahkan bisa disebut paling mewah!

Adalah PO Jasa Rahayu Gumpueng (JRG) asal Banda Aceh yang mengoperasikan bus social distancing. Bus ini akan melayani rute Banda Aceh-Medan, pergi pulang.

Total bus ini sanggup menampung 23 penumpang dengan seat belt di tiap jok. Sama seperti bus social distancing lainnya, konfigurasinya 1-1-1 dengan dua lorong.

Menariknya, selain berstatus sebagai bus social distancing pertama yang ada di Sumatra, ada sederet rekor 'pertama' lainnya di bus ini. Yuk, tengok.

Jika di Jawa, bus social distancing masih memakai model sasis standar, maka bus berwarna merah ini sudah bersasis tronton. Sasisnya Scania K410IB yang kerap jadi bus tingkat, atau tipe Ultra High Deck. Tapi bus ini cukup memakai bodi Jetbus 3+ SHD.

Penggunaan sasis ini mengikuti kegemaran konsumen rute tersebut yang kerap memilih bus-bus bersasis premium. Hal ini membuatnya jadi bus social distancing bersasis tronton pertama.

Selanjutnya, dari bagian kaca depan sudah dilengkapi tameng untuk menghadapi keganasan pelempar batu di jalur Sumatra. Ini merupakan rombakan dari karoseri AMST Bogor.

Masuk ke dalam, bus ini dilengkapi sekat pemisah antara kabin supir dan penumpang. Kedua peranti tersebut baru ditemui di bus social distancing ini. Sedangkan di bus-bus social distancing di Jawa tidak memiliki peranti tersebut.

Fitur lainnya ada seat tebal dengan leg rest dan meja lipat dari Rimba Kencana. Lalu port USB tiap bangku dan toilet di bagian tengah. Ada pula cool box di bagasi atas bagian depan.