Ternyata Ini Arti Nama Sasis Bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542

09 June 2021
ILM
 
Penamaan Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 juga menggambarkan tentang peruntukkan & kapasitas bus itu sendiri. Hingga performa dan daya angkutnya dijelaskan juga di penamaan itu.
 

Bagi para penggemar bus, istilah dan penamaan tipe sasis bus mungkin sudah jadi hal yang umum. Namun masih banyak yang belum mengetahuinya. Yuk coba kita ulas.

Kali ini dibahas soal penamaan sasis Mercedes-Benz seri OC 500 RF 2542 yang kerap disebut tronton, karena ada dua as roda di belakangnya. Ternyata ada arti tersendiri dari kode huruf dan angka, pada sasis yang kerap digunakan sebagai bus tingkat tersebut.

Dijelaskan lewat akun Instagram resminya, penamaan Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 juga menggambarkan tentang peruntukkan & kapasitas bus itu sendiri. Seperti kode “OC” memiliki arti sasis dilengkapi dengan konfigurasi mesin belakang & diproduksi di Mercedes-Benz Samano, Spanyol.

Kemudian angka “500” adalah seri dari tipe sasis, khususnya bis premium. Sedangkan “RF” adalah kode untuk bus Raised Floor atau tipe dengan posisi lantai kabin lebih tinggi yang biasa cocok untuk kendaraan antarkota (jarak jauh).

Terdapat juga kode angka 2542 di belakang. Ternyata angka tersebut memiliki dua makna. Angka 25 menunjukan daya angkut bus tersebut, sebesar 25 ton. Sedangkan angka 42 menunjukkan tenaga mesin, namun angkanya dikalikan 10, yaitu sebesar 420 HP.

Nah, sekarang paham kan, kenapa bus tersebut dapat digunakan menjadi armada 'jangkung' sekelas bodi Ultra High Deck, Double Decker atau SHD sekali pun.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait