Trik Desain ‘Anti Bocor' Di Bodi Avante

Trik Desain ‘Anti Bocor' Di Bodi Avante
Sebagai respon atas keluhan operator bus
 

Jika mencermati dari sosok Avante H7, Avante H8 Grand Captain, dan Avante H8 Priority ada sayu inovasi unik. Sekilas nampak sederhana namun ternyata punya dampak yang besar. Hal ini punya dampak yang signifikan dalam periode pemeliharaan dari bus yang bersangkutan.

Ya, lampu indikator ketinggian untuk ketiga varian Avante tersebut posisinya berada di dalam kabin. Dudukannya ada di panel plafon, untuk bagian depan berwarna kuning, sementara yang di balik kaca belakang berwarna merah.

“Inovasi ini juga berdasarkan masukan dari para customer kami, lampu indikator ketinggian yang terletak di sisi luar bus, baik di depan maupun belakang sangat berisiko kena ranting pohon dan sejenisnya. Kalaupun kondisinya sudah pecah sering tidak diperhatikan oleh kru maupun saat pemeriksaan di pool,” jabar buka Nugroho Eko S., penggawang marketing dari karoseri Tentrem.

Ditemui di perhelatan GIIAS 2023 (10/8), dijelaskannya lagi bahwa kondisi lampu indikator yang pecah itu juga rentan dimasuki air hujan. “Yang namanya ada bidang yang berlubang, pelan-pelan tapi pasti air akan menggenang di balik atap kemudian pasti akan turun ke plafon dan tahu-tahu sudah kejadian bocor waktu di perjalanan,” urai Nugroho lagi.

Lampu indikator jadi lebih awet, plafon bagian depan tidak lagi rentan bocor

Meski dari segi biaya tidak termasuk tinggi namun posisinya yang tinggi acap kali membuat kru maupun petugas servis di pool bus sering mengabaikan kondisi tersebut. Padahal jika air sudah menetes dari plafon kabin maka perbaikannya tidak lagi sederhana dan perlu waktu yang tidak singkat.

“Dari masukan-masukan itu, kami melihat ada satu ‘celah’ lokasi di dalam kabin yang memungkinkan ditempatkan lampu indikator ketinggian seperti yang terdapat di barisan Avante HD kami,” kata Nugroho sembari menyebutkan bahwa posisi lampu di dalam kabn juga berpotensi menjaga kondisi pendar lampu terjaga dalam jangka waktu yang panjang.

Bagian buritan jadi lebih 'clean'