Volvo Rilis Bus Tingkat 9700 DD, Bodinya Garapan Karoseri Finlandia

Volvo Rilis Bus Tingkat 9700 DD, Bodinya Garapan Karoseri Finlandia
Sama seperti di Indonesia, industri karoseri bus di Eropa pun kerap digarap terpisah dari pabrikannya.
 

Pekan lalu Volvo Buses mengumumkan akan meluncurkan bus tingkat anyar mereka berjuluk Volvo 9700 DD. Bus tingkat tersebut didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan bus premium di Eropa dengan bodi dari Finlandia.

"Dengan peluncuran Volvo 9700 DD untuk pengoperasian di Eropa, kami memiliki rangkaian lengkap bus angkutan dan wisata dengan berbagai variasi versi yang dapat dipilih oleh pelanggan,” kata Ulf Magnusson, Senior Vice President Business Unit Europe Volvo Buses dalam rilis resminya.

Rencananya, peluncuran bus tersebut akan dilakukan pada 4 Februari mendatang pada Reveal Event secara online.

Sebelumnya bus tingkat asal Swedia ini sudah hadir untuk pasar Eropa Utara (Nordic), namun kini disesuaikan untuk kebutuhan seluruh Eropa. Salah satunya dengan pemangkasan tinggi hingga 25 cm. Sehingga saat ini tinggi bus tersebut hanya 4 meter saja.

"Sebelumnya kami telah menerima beberapa pesanan untuk bus tingkat dari pasar Nordic dan sangat memuaskan bahwa kami sekarang juga dapat menawarkan kepada pelanggan Eropa lainnya bus ekspres dan turis kelas premium ini," tambahnya.

Bodi 9700 DD masih digarap oleh karoseri Carrus Delta OY asal Finlandia. Sedangkan mesinnya, 9700 DD mengusung tipe diesel 11.000 cc bertenaga 460 dk. Mesin tersebut dapat mengonsumsi jenis BBM diesel, biodiesel (B100) hingga HVO (Hydrotreated Vegetable Oil).

Sama seperti di Indonesia, industri karoseri bus di Eropa pun kerap digarap terpisah dari pabrikannya. Sederet karoseri ternama di Eropa pun dikenal di tanah air karena karyanya kerap jadi inspirasi. Sebut saja Evobus, Neoplan, Setra hingga Irizar.