Adu Keren Wuling Formo Max Kopi Nako vs Toyota Rangga Concept Kopi Tuku

Adu Keren Wuling Formo Max Kopi Nako vs Toyota Rangga Concept Kopi Tuku
Beda desain dan fitur
 

Banyak suguhan menarik ditampilkan dari segmen kendaraan komersial di GIIAS 2023. Salah satunya penampilan mobil toko (moko) berwujud mobile cafe. Jika Wuling punya moko Wuling Formo Max, maka Toyota Commercial memiliki moko anyar berbasis Toyota Rangga Concept.    

Wuling Formo Max Mobile Cafe milik Kopi Nako digarap DSP Styling (Momot)

Wuling Formo Max mobile cafe merupakan hasil kolaborasi Wuling Motors (Wuling) bersama Kopi Nako. Didominasi warna putih, Formo Max Kopi Nako memaksimalkan keunggulan utama yakni area kargo yang luas dengan dimensi panjang 2.695 mm, lebar 1.725 mm plus modifikasi tinggi area bak belakang yang menjelma menjadi ruang untuk 2 orang pekerja lengkap dengan mesin kopi espresso, boks es, pemanggang roti dan lainnya. Detail buritan sendiri dikemas unik dengan bukaan bak 3 sisi bisa diset menjadi meja, dengan jendela tiga perempat di kedua sisi berubah layaknya awning. Sementara awning dan meja lebih ringkas ada di ujung buritan.  “Kami melihat kolaborasi ini tidak hanya menarik pengunjung untuk menikmati minuman khas Kopi Nako, tapi turut menjadi inspirasi dalam menciptakan bisnis bersama Wuling Formo Max yang mendukung segala jenis usaha,” kata Brian Gomgom, Public Relations Manager Wuling Motors.

Kolase ubahan Formo Max Mobile Cafe Kopi Nako (Momot)

Karoseri yang bertanggung jawab mengubah bak belakang For Max ala mobile cafe ini ialah DSP Styling Indonesia yang bermarkas di Bogor. Selain sukses mengemas bak belakang menjadi cafe berjalan, proporsi tampilan Formo Max ini tetap dikemas kece dengan aplikasi pelek palang ukuran 16 inci warna gun metal. 

Selebihnya tidak ada yang berubah, Formo Max Mobile Cafe ini tetap didukung mesin 1.500cc berkonfigurasi 4 silinder dipadu transmisi manual 5-percepatan dan Electric Power Steering (EPS), memudahkan pebisnis kopi saat menjalankan usahanya.

Toyota Rangga Mobile Cafe Concept hadir menggandeng Toko Kopi Tuku (Momot)

Senada dengan Formo Max Kopi Nako, Toyota Rangga Mobile Cafe Concept hadir menggandeng Toko Kopi Tuku. Terlihat lebih simpel, Rangga Mobile Cafe hadir dalam nuansa eksterior berkelir hijau lemon dan hitam. Desain karoseri bak belakangnya dibuat mengotak simpel dan lebih kompak, tidak jenong seperti di bak Formo Max Kopi Nako. 

Alhasil ruang bak terasa lebih sempit dan padat. Tidak cocok untuk mengoperasikan kegiatan jualan dari area dalam karena sudah dijejali beberapa peralatan seperti mesin kopi espresso berukuran besar, plus sepasang dispenser jus. 

Peralatan meracik kopi di bak belakang Rangga Mobile Cafe (Momot)

Uniknya, ketiga sisi jendela Rangga Mobile Cafe bisa membuka penuh menjadi awning yang luas, walau sayangnya tanpa bukaan bak bagian bawah yang bisa difungsikan sebagai meja. Melengkapi penampilannya yang kokoh, Toyota Rangga MObile Cafe Concept ini dibenamkan pelek Fortis PRW 16 Type-1 warna hitam yang bikin proporsi tampilan lebih kekar.

Hayo pilih yang mana?

Baca juga: Berapa Estimasi Harga Toyota Rangga?