Bedford Rascal, Kembaran Suzuki Carry 1000 Dari UK

Bedford Rascal, Kembaran Suzuki Carry 1000 Dari UK
Produk ini punya spek mesin yang sama dengan Suzuki Carry 1000 versi Indonesia
 

Warga tanah air, pasti mengenal dekat sosok Suzuki Carry Super 1000. Mobil yang menyandang nama sesuai dengan kapasitas mesinnya itu, merupakan mobil komersial kecil yang yang diproduksi dari tahun 1984 hingga 1988 dengan penjualan yang cukup laris. Setelah itu, keberadaannya dilanjutkan oleh Carry Extra yang merupakan versi facelift dan bertahan hingga 2007.

Bicara tentang Carry 1000, di Inggris dikenal juga jenis kendaraan serupa yang dikenal sebagai Bedford Rascal. Produk yang dijajakan dalam wujud pikap dan microvan ini merupakan hasil joint venture antara Suzuki dengan General Motors yang diwakili oleh Bedford. Produk ini kemudian dikenal diganti nama menjadi Vauxhall Rascal pada 1990, setelah Bedford resmi ditutup.

Rascal merupakan kendaraan yang mengacu pada platform kei car namun dibekali mesin yang lebih besar yakni 1.000 cc berkode F10A. Mesin yang sama dengan yang digunakan oleh Suzuki Carry 1000 versi Indonesia.

Karena menggunakan bulat-bulat dari dimensi Kei car, maka jika wheelbase Rascal sedikit lebih kecil dari Carry 1000 Indonesia. Namun untuk lebar track ataupun lebar bodi tidak ada perbedaan.

Kendaraan yang dirakit di Luton, Inggris, ini dikenal sebagai kendaraan niaga yang pas dengan kondisi jalanan perkotaan di sana. Mobil tersebut, memiliki payload 550 kg untuk varian Van dan 575 kg untuk versi pikapnya.

Model yang dijual mulai 1986 hingga 1994 ini dapat diidentifikasi dengan mudah lewat gril dengan tulisan Bedford membentang.

Sayangnya produk ini kembali tersandung masalah, saat produksinya di Inggris dihentikan pada 1993. Selanjutnya Rascal dikirim langsung dari Jepang untuk memenuhi permintaan pasar dengan merek Suzuki Super Carry hingga rampung masa edarnya di 1999.