Intip Detail Ubahan Suspensi Toyota New Hilux

Intip Detail Ubahan Suspensi Toyota New Hilux
Agar semakin nyaman dan meminimalkan gejala limbung pada Hilux anyar ini, ada pada tuning ulang suspensi.
 

Pihak PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengklaim adanya pengembangan sektor kaki-kaki yang dilakukan pada pikap baru mereka, New Hilux. Tujuannya untuk menambah kenyamanan dan mencegah mudah limbung.

Seperti dijelaskan oleh Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor pada kami pekan lalu. Menurutnya pengembangan ini merupakan hasil masukan dari konsumen Hilux sebelumnya, yang tak ingin mobil ini hanya mengutamakan fungsi sebagai kendaraan niaga, tapi juga menawarkan kenyamanan.

"Dulu suspensinya agak lebih keras. Lalu kini kami tuning di suspensi depan dan leaf spring. Ada masukan, meski ini mobil komersial, tapi jangan cuma fungsi. Di tipe sebelumnya sudah ada improve. Tapi kini makin empuk dan nyaman," jelasnya.

Kuncinya menurut Anton ada pada tuning ulang suspensi. Seperti menambah rigidity dan mengurangi getaran juga ketangguhan di suspensi depan. Hasilnya, selain kenyamanan, respons setir juga lebih baik.

Sedangkan di bagian belakang, selain mengoptimalkan bushing, konstanta vertikal leaf springnya juga diubah. "Sehingga laju mobil tak terlalu swing (mengayun)," ucap pria berkacamata ini.

Susunan per daun tersebut dirancang kembali sehingga terasa nyaman bahkan di jalanan rusak sekalipun dan membuat mobil tidak mudah limbung ketika menikung atau pindah jalur. Sehingga secara keseluruhannya, kemampuan off-road New Hilux juga menurut Anton makin baik.