Suzuki Carry Versi Jepang, Seperti Apa Bedanya Dengan Di Sini?

Suzuki Carry Versi Jepang, Seperti Apa Bedanya Dengan Di Sini?
Varian Jepang atau kerap dikenal dengan JDM (Japan Domestic Market), biasanya berbeda dengan varian di belahan dunia lain. Seperti Suzuki Carry di sana yang hanya 660 cc, tetapi ada yang 4WD.
 

Suzuki New Carry mengalami sukses besar di Indonesia. Produk andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ini, dikembangkan di Indonesia dan berdasarkan kebutuhan serta kondisi lokal.

Berkaca dari sejarah, Carry punya kisah panjang di pasar domestik Jepang, yang saat ini menginjak generasi ke sebelas. Pada versi Jepang, Carry dikategorikan sebagai kendaraan kei (Kei-car) yang dibatasi kapasitas mesinnya, mentok pada mesin 3 silinder 660 cc. Carry tidak pernah keluar pakem ini sejak pertama kali hadir. Jika ada yang berkapasitas lebih besar, merupakan Carry yang diimpor masuk Jepang.

Sedangkan model Carry di Indonesia yang benar-benar sama dengan di Jepang hanya terjadi pada model ST20 bermesin 3 silinder, 550 cc, pikap bermesin dua langkah itu beredar dari tahun 1976 sampai 1983. Setelah itu, tak ada lagi kesamaan spesifikasi Carry di Indonesia dengan Jepang. 

Seberapa bedakah Suzuki Carry ala Indonesia dan ala Jepang saat ini?

Suzuki New Carry di ajang pameran otomotif

Suzuki New Carry 1.500 (DC61T/DN61T) versi Indonesia

Model ini disebut-sebut merupakan hasil dari reyakasa dari generasi ke-sebelas dengan bodi yang lebih lebar dan makin panjang dibandingkan pendahulunya. Pertama kali muncul pada April 2019 di salah satu pameran kendaraan bermotor di Indonesia.

Berbekal mesin K15B-C dengan muntahan daya 95 dk dan hanya menggunakan transmisi manual 5-speed. Ada dua model pikap yang ditawarkan yakni model wide deck dan pikap flatdeck.

Spesifikasi Dimensi

Wheelbase               2.205 mm

Panjang                     4.195 mm

Lebar                         1.675 – 1.765 mm

Tinggi                         1.870 – 1.910 mm

Suzuki Carry versi Jepang

Suzuki Carry Gen XI (DA16T) versi Jepang

Model Jepang ini pertama muncul pada 2013 dan belum berubah hingga kini. Berbeda dengan New Carry di Indonesia yang hanya dipasarkan dengan varian pikap, di Jepang ada model station wagon (van) yang dilabeli nama Suzuki Every. Itu pun tidak mirip, karena Every dilengkapi dengan moncong, walau pun posisi mesin tetap sama-sama di kolong kabin.

Karenanya, untuk membahas perbedaannya, difokuskan ke varian pikap saja. Tidak seperti di Indonesia yang ada dua pilihan bak, Carry versi Jepang ini hanya menyediakan flat deck saja.

Dari sisi mesin, versi Jepang ini menggunakan mesin 3 silinder, berkapasitas 660cc terbaru, yakni RO6A dan RO6A-T (turbo) dengan muntahan daya 52,4 dk dan 63,1 dk untuk versi turbo. Pilihan transmisi manual 5-speed, jadi pilihan mendampingi girboks 3-speed otomatik. Tak hanya itu, Suzuki Jepang menyodorkan pilihan penggerak 2WD atau 4WD pada pikapnya ini.

Spesifikasi Dimensi

Wheelbase               1.905 mm

Panjang                     3.395 mm

Lebar                         1.475 mm

Tinggi                         1.765 – 1.910 mm

Carry JDM flat deck, 3-way.