Toyota Hilux dan Tacoma Akan Digabung Jadi Produk Global Tunggal

 Toyota Hilux dan Tacoma Akan Digabung Jadi Produk Global Tunggal
Kemungkinan akan terjadi pada 2023, ketika generasi baru Hilux diperkenalkan
 

Saat ini Toyota memiliki beberapa kelas pikap yang menjadi produknya.  Secara umum, Three Ovals ini berjibaku di kelas full size pick up dengan Tundra, sedangkan di mid-size ditempati oleh Hilux dan Tacoma.

Antara Hilux dan Tacoma, sebenarnya merupakan satu kendaraan yang dikembangkan dari satu platform yang sama. Hanya saja Hilux merupakan produk untuk pasar global sedangkan Tacoma disasarkan untuk pasar Amerika Utara dan beberapa wilayah di Amerika Selatan seperti Mexico, Bolivia ataupn Bermuda.

Sejak dikenalkan pada 1995, Tacoma memang mengusung desain yang berbeda dengan Hilux, walaupun punya banyak persamaan antara keduanya dan memungkinkan berbagi komponen.

Nampaknya Toyota punya rencana lain berkenaan dengan kedua pikapnya tersebut. Dilansir Motor1.com, ada rencana untuk menggabungkan antara keduanya dan menjualnya sebagai satu model global tunggal. Kemungkinan besar hal ini akan terjadi pada 2023 saat model baru dikenalkan kelak.

Jadi nantinya tidak ada perbedaan desain antara keduanya dan kalaupun ada, sifatnya hanya minor sebatas kosmetik saja untuk menyesuaikan peraturan yang diberlakukan di tiap kawasan. Walau demikian, ada kemungkinan terjadi perbedaan pada mesin, khususnya untuk pasar Amerika Utara yang kurang familiar dengan mesin diesel.

Belum diketahui nama apakah yang akan digunakan atau bisa saja keduanya tetap dipertahankan.

Pilih Hilux atau Tacoma?......Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Toyota Tacoma 2020