Unik Nih, Suzuki Carry Pikap Pakai Bak Tailgate Lifter

Unik Nih, Suzuki Carry Pikap Pakai Bak Tailgate Lifter
Tailgate lifter merupakan peranti mirip lift yang berfungsi juga sebagai pintu bak pikap di belakang.
 

Di Indonesia, mobil niaga yang dilengkapi tailgate lifter kebanyakan bertipe light truck seperti Isuzu Elf atau Mitsubishi Canter. Namun di Jepang, pikap mini sekelas Carry pun sudah ditawarkan dengan peranti tailgate lifter.

O iya, Carry di Jepang bukan seperti di Indonesia yang bermesin 1.500 cc. Versi Jepang dimensinya lebih mungil, mirip Daihatsu Hi Max. Mesinnya hanya 660 cc turbo.

Sedangkan tailgate lifter merupakan peranti mirip lift yang berfungsi juga sebagai pintu bak pikap di bagian belakang. Fungsinya untuk memudahkan bongkar muat barang berbobot berat di bak.

 

Di Carry, tailgate lifter ini memiliki lebar 1.925 mm dengan tinggi angkatan dari tanah ke bak 675 mm. Untuk kemampuannya, tailgate lifter buatan ShinMaywa itu sangung mengangkut beban hingga 350 kg.

Sama seperti tailgate lifter di mobil niaga besar, pada Carry ini pengoperasiannya didukung sistem elektrik. Sehingga untuk naik turun tailgate lifter cukup dilakukan dengan tombol.

Di Jepang, Carry dengan tailgate lifter ini dapat dioperasikan sebagai pengangkut tabung gas besar. Atau barang-barang dengan bobot cukup berat lainnya.

Harga jual di Jepang, Carry tailgate lifter mencapai Rp 179 juta. Model ini dijual dalam varian 2WD dengan transmisi manual 5-speed.