Hino Tambah Fitur Keamanan Kamera Belakang dan Rem ABS di Truk Dutro dan Ranger

Tiga fitur baru tersebut kini dipasang pada truk Dutro dan Ranger yang ditujukan untuk angkutan kargo atau transportasi logistik
 

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) akhirnya merespon berbagai masukan dan permintaan customernya agar menambahkan fitur-fitur keamanan aktif dan pasif pada kendaraan niaga truk yang dipasarkannya di Indonesia.

Kini ada tiga fitur keamanan yang disematkan di truk ringan New Dutro dan di truk medium duty Hino Ranger. Tiga fitur keamanan tersebut adalah kamera belakang atau rear camera, sistem pengereman anti-lock braking system dan side guard.

Senior Executive Officer After Sales PT Hino Motors Sales (HMSI) Irwan Supriyono dalam penjelasannya di acara media gathering Hino di Jakarta, Senin (11/2/2019) menyatakan, tiga fitur baru tersebut kini dipasang pada truk Dutro dan Ranger yang ditujukan untuk angkutan kargo atau transportasi logistik.

Fitur sistem pengereman ABS misalnya, kini sudah dipasang di truk New Generation Ranger varian FG 245 JK. Ini adalah truk MDT Hino yang mampu membawa muatan cairan seperti gas dan bahan bakar minyak dengan kapasitas angkut 8.000 liter.

Fitur rem ABS juga dipasang di truk New Generation Ranger tipe FL 245 JN, New Generation Ranger tipe FL 245 JW, dan New Generation Ranger tipe FM 285 JD. Truk FM 285 JD merupakan truk angkutan kargo dan cairan dengan kapasitas angkut maksimum hingga 16.000 liter.

Jajaran direksi HMSI di acara paparan proyeksi bisnis Hino di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Irwan juga menambahkan, fitur rem ABS juga sudah dipasang di truk New Generation Ranger tipe tractor head, untuk truk yang menarik trailer tangki dengan kapasitas 24.000 liter di tipe Ranger SG 260 dan 285 TH dan truk Ranger FM 265 dan 285 TH, serta New Generation Ranger model tractor head varian FM 350 TH dengan kapasitas 32.000 liter.

Irwan memaparkan, rem ABS sangat dibutuhkan untuk truk angkutan bahan bakar minyak, gas, bahan kimia dan bahan berbahaya lainnya karena membantu meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan berkendara bagi pengemudi.

"Rem ABS juga membantu melindungi barang muatan yang dibawa dan lingkungan sekitar terutama jika berkendara dengan kecepatan tinggi dan kondisi jalan yang licin," ungkap Irwan.

Hino juga memasang fitur ABS di truk Dutro untuk kebutuhan angkutan yang sama. Sementara itu, fitur kamera belakang juga ditambahkan pada truk angkutan kargo untuk membantu pengemudi terhadap risiko pandangan ke belakang yang tak terlihat saat truk akan melakukan manuver mundur atau saat akan manuver untuk  bongkar muat barang.

Terakhir, Hino juga memasang fitur side guard pada truk New Dutro dan New Generation Ranger untuk mencegah  pengguna jalan lain terhindar dari risiko masuk kolong truk saat terjadi kecelakaan.