Bukan Tow Mater, Truk Tua Ford Ini Raja Balap Pikes Peak

Bukan Tow Mater, Truk Tua Ford Ini Raja Balap Pikes Peak
Ford F1 berjuluk Old Smokey F1 yang digarap oleh bengkel Chuckles Garage dari Santa Rosa, California-Amerika Serikat. Tak tanggung, truk buatan 1949 ini dibangun untuk menghadapi balap time trial.
 

Dengan tampilannya yang penuh karat, tanpa kap mesin dan headlamp mungkin mengingatkan kita akan sosok kartun Tow Mater di film Cars. Tapi ini bukan mobil derek seperti kartun itu, tapi justru mobil balap.

Yup, ini adalah truk Ford F1 berjuluk Old Smokey F1 yang digarap oleh bengkel Chuckles Garage dari Santa Rosa, California-Amerika Serikat. Tak tanggung, truk buatan 1949 ini dibangun untuk menghadapi balap time trial Pikes Peak di Colorado akhir pekan lalu.

Hasilnya pun luar biasa, catatan waktunya 11 menit 24,065 detik. Old Smokey F1 pun sukses merebut juara di kelas diesel. Bukan hanya juara, pencapaian tersebut menorehkan proyek yang digawangi Scott Birdsall dan kru ini mencetak rekor baru.

Sebelumnya, mobil diesel terkencang di trek sepanjang 20 km dengan 156 tikungan dan elevasi menanjak ini dicetak Uwe Nittel dengan Mercedes-Benz C300D 4MATIC. Selisihnya cukup jauh, 13 detik di belakang Old Smokey F1!

Sebagai modal, Old Smokey F1 dibekali mesin turbo diesel keluaran Cummins dengan tenaga 1.400 dk. Sebagai catatan, Cummins merupakan produsen mesin diesel yang memasok ke berbagai pabrikan truk dunia. Mulai dari Tata asal India, Kamaz dari Rusia, juga sempat memasok mesin ke truk Texmaco Perkasa asal Indonesia.