Di Luar Sangar Dalamnya Segar

Di Luar Sangar Dalamnya Segar
Tampilan mobil antipeluru ini, memang sangar, namun di dalamnya menyajikan kemewahan kelas atas. Mobil khusus yang biasanya digunakan polisi/militer ini dirancang untuk warga sipil.
 

Jika pernah melihat pasukan SWAT dalam adegan film, tentu tak asing dengan tampilan mobil yang membawa personel anti-huru-hara tersebut. Mobil berplat baja tebal, dengan roda berdiameter besar yang menghasilkan ground clearance tinggi. Ditambah lagi dengan kaca antipeluru yang membuat tampilan mobil ini benar-benar sangar.

Tetapi, kendaraan bertampang beringas ini bisa juga dimiliki masyarakat luas, karena sebuah perusahaan spesial pembuat kendaraan antipeluru di Kanada, INKAS, sudah membuat versi ‘sipil’, yang diberi nama INKAS Sentry Civilian, karena memang dibuat untuk masyarakat sipil yang menginginkan keamanan lebih, selama perjalanan yang dilakukannya. Namun, lebih dari itu, kenyamanan juga masih bisa tersajikan untuk para VIP ini.

 

Mengambil basis dari Ford F-550, bodi aslinya sudah tak bersisa, hanya menggunakan mesin, transisi, sasis dan kaki-kakinya saja. Keseluruhan bodi dibuat baru, menggunakan pelat baja dan kaca antipeluru. Ya, persis seperti mobil yang digunakan pasukan SWAT. Bahkan untuk pertahanan balistiknya, kendaraan ini berada pada kategori BR6, yang sanggup menahan tembakan dari senapan di atas kelas AK47 maupun M-16 dari jarak 0,5 meter sekalipun.

Tentunya peningkatan bobot pasti cukup signifikan, meski pada website inkasarmored.com, tak disebutkan berapa bobot persisnya. Maka suspensi disesuaikan untuk menahan bobot tersebut, juga kaki-kaki dibuat lebih jangkung agar roda berdiameter lebih besar bisa digunakan. Standarnya, Ford F-550 menggunakan ban berdiameter 32 inci, kini bisa mencapai 38 inci. Tujuannya agar bisa melewati rintangan di jalan, ketika terpaksa ‘kabur’ dari kondisi yang berbahaya bagi penumpang di dalamnya, seperti melewati trotoir, atau bahkan melintasi gundukan tanah atau reruntuhan gedung.

Tetapi, kemampuan ini tentu harus disokong mesin yang cukup bertenaga. Mesin bawaan Ford F-550, berkapasitas 6.800 cc, V8 turbo-diesel yang bertenaga 330 HP, dianggap masih bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Begitu juga dengan transmisi 10 percepatan dan penggerak 4x4, masih bawaan standar F-550.

Lantas, bagaimana halnya ketika ingin mengurangi laju? Perangkat rem diganti dengan tipe heavy duty yang bisa menahan beban lebih berat, sehingga kendaraan bisa berhenti dengan cepat namun tetap nyaman.

Enam buah jok berlapis kulit, siap menyangga tubuh penumpang di dalamnya. Tak saja kursi yang nyaman, fasilitas kelas atas lainnya juga diberikan, seperti jaringan internet, TV kabel, bahkan kelengkapan untuk menyimpan botol wine juga tersedia. Sangar di luar, tak berarti di dalam kabin ala kadarnya, bukan?