Kisah UD Trucks, Mulai Dari Truk Pegunungan Hingga Listrik dan Hybrid

Kisah UD Trucks, Mulai Dari Truk Pegunungan Hingga Listrik dan Hybrid
Sejarah UD Trucks berawal dari truk diesel LD1 yang merupakan truk pertama yang selesai dirakit pada November 1939.
 

Tonggak sejarah UD Trucks berawal dari truk diesel LD1 yang merupakan truk pertama yang selesai dirakit pada November 1939. Saat itu sebagian besar jalanan di Jepang tidak diaspal dan penuh dengan jalan dan jembatan sempit yang nyaris tidak cukup lebar untuk dilewati sebuah kereta kuda.

Kenzo Adachi memutuskan untuk melakukan uji coba dengan melewati lereng curam dan melingkar, melintasi lintasan gunung berbahaya. Dengan seluruh perjalanan berjarak 3.000 km, atau 1,5 kali panjang kepulauan Jepang.

Tes ini merupakan pengujian daya tahan pertama di negara tersebut. Beberapa orang berpendapat bahwa uji coba itu seharusnya akan lebih mudah dilakukan di daerah perkotaan dari pada harus melalui jalan ekstrim seperti itu. Tetapi Adachi berpendapat lain.

“Yang kami inginkan adalah sebuah truk yang dapat melewati kondisi jalan apa pun, tanpa kecuali.  Jika truk kami tidak dapat lolos tes ini, kami tidak dapat mengharapkan pelanggan kami percaya pada truk kami," ucap oleh Kenzo Adachi, pada awal uji coba.

Dirinya menambahkan jika semua orang telah mengerahkan seluruh tenaga dan kerja kerasnya untuk menyukseskan model pertama ini. "Tetapi sangat penting bagi kami untuk menguji truk ini, bahkan jika itu berarti truk akan hancur."

Mengikuti semangat pendirinya, UD Trucks siap menghadapi berbagai macam tantangan. Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan dan UD Trucks percaya tahun 2021 akan menjadi tahun yang lebih baik dari tahun 2020.

Dengan slogan “Ayo Berubah untuk Kehidupan yang Lebih Baik”, UD Trucks memantapkan fokusnya pada kondisi lingkungan serta masyarakat sekitar sambil terus memberikan solusi yang lebih baik lagi kepada para pelanggannya.

UD Trucks sangat menyadari betapa penting menjaga lingkungan, oleh karena itu UD Trucks telah memulai berbagai inovasi di dalam pengembangan produk-produknya sehingga dapat menghasilkan produk yang aman dan ramah lingkungan, dalam hal ini pengembangan berbagai teknologi yang berfokus pada kendaraan “Electric” dan “Hybrid”.

UD Trucks menargetkan akan siap memproduksi secara masal kendaraan-kendaraan ini di tahun 2030. Sedangkan di Indonesia sendiri, UD Trucks sedang mempersiapkan kendaraan komersial yang sesuai dengan ketentuan Emisi Euro-4 dari pemerintah dan akan segera diperkenalkan kepada masyarakat.