Komponen Ini Membuat Truk Besar Kuat Menanjak Sambil Membawa Beban

Komponen Ini Membuat Truk Besar Kuat Menanjak Sambil Membawa Beban
Muatan puluhan ton, ditambah bobot truk yang juga mencapai belasan ton, namun saat melaju di tanjakan masih dapat merambat naik, kenapa?
 

Tujuan utama sebuah truk adalah mampu membawa beban berat untuk dipindahkan dari titik A hingga titik lainnya. Tak sedikit beban yang diangkutnya, puluhan ton! Namun, truk harus sanggup membawanya ke berbagai kondisi jalan.

Salah satu perangkat yang terdapat pada truk adalah fitur Crawl pada transmisinya. Ada yang memanfaatkan posisi 1 di transmisi, ada juga yang menggunakan gigi lainnya. “Rasionya bisa mencapai 14:1,” tutur Imam Nugroho, Technical Support, PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia.

Bayangkan, jika di transmisi rasionya seperti itu, ditambah lagi pada final gear (pada differential) sekitar 6:1 maka rasionya semakin besar, sehingga pada rentang torsi tertinggi pada mesin, sudah mampu menggerakkan dengan perlahan sambil membawa beban berat.

Beberapa praktisi menyebutnya ‘gigi setengah’ atau ‘gigi semut’. Seperti diungkapkan oleh Ilyas, putra dari pemilik usaha ekspedisi dari Pasaman, Sumatra Barat.

Iya menyebutkan, kalau truk milik ayahnya, Mitsubishi Fuso memiliki gigi semut, kalau menanjak, supir akan menggunakannya.