Mitsubishi Fuso Canter Listrik Jadi Basis Truk Sampah Canggih

Mitsubishi Fuso Canter Listrik Jadi Basis Truk Sampah Canggih
Seperti disebut sebelumnya, fungsi kendaraan ini adalah sebagai pengangkut sampah dengan basis truk listrik eCanter.
 

Lewat ajang Fuso Future Solutions Lab, belum lama ini Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) menampilkan dua truk konsep multifungsi di kantor pusatnya di Kawasaki, Jepang.

Kedua unit tersebut adalah truk rescue Canter Athena dan truk sampah masa depan, ECanter SensorCollect. Untuk Canter Athena sudah sempat kita bahas, hal berbeda pada ECanter SensorCollect. Yuk, kita tengok.  

Seperti disebut sebelumnya, fungsi kendaraan ini adalah sebagai pengangkut sampah dengan basis truk listrik eCanter. Tapi bukan sekadar pengangkut listrik, karena ECanter SensorCollect sudah dilengkapi sederet fitur canggih.

Operator dapat mengontrol ECanter SensorCollect dari jarak jauh dengan teknologi Human Machine Interface (HMI). Fitur tersebut dilengkapi LiDAR, sensor ultrasonik dan GPS berakurasi tinggi.
Hasilnya, truk ECanter SensorCollect dapat beroperasi dari perintah jarak jauh dan mampu mendeteksi orang mau pun barang di sekitarnya. Perintah jarak jauh yang dapat dilakukan truk ini antara lain bergerak mengikuti operator, menghentikan, menghindari rintangan hingga berhenti mendadak saat ada orang atau objek di dekat truk.

Teknologi tersebut diklaim mampu untuk menambah efisiensi pekerja pengumpul sampah. Serta lebih efektif untuk beroperasi dengan aman setiap hari.

"Kami akan terus mengembangkan produk inovatif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan masyarakat dengan teknologi canggih,” kata Aydogan Cakmaz, Wakil Presiden Senior dan Kepala Teknik Produk MFTBC.