Mitsubishi Fuso Upgrade Fitur Keselamatan Truk Listrik eCanter

Mitsubishi Fuso Upgrade Fitur Keselamatan Truk Listrik eCanter
Rencananya versi ini akan dijual lebih dulu di Jepang, baru kemudian hadir di Eropa dan region Asia Pasifik.
 

Meski terbilang canggih dan bebas polusi bukan berarti truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter tak bisa dikembangkan. Buktinya Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) melakukan upgrade pada peranti keselamatannya.

Dikutip dari rilis resminya, eCanter mendapat penambahan fitur keselamatan mulai pertengahan Agustus 2020 ini. Rencananya versi ini akan dijual lebih dulu di Jepang, baru kemudian hadir di Eropa dan region Asia Pasifik.

Penambahan peranti di eCanter diantaranya adanya Advanced Emergency Braking System (AEBS). Fitur ini akan mendeteksi kendaraan di depan, serta pejalan kaki melalui radar yang dipasang di bumper depan. AEBS akan otomatis mengaktifkan pengereman dan memperingatkan pengemudi saat risiko tabrakan terdeteksi.

Kemudian ada fitur Electronic Stability Program (ESP). Sistem ini akan memantau stabilitas kendaraan dengan sensor dan mengontrol kecepatan truk dan pengereman saat ada risiko terguling atau tergelincir di tikungan.

Terakhir, ada fitur Lane Departure Warning System (LDWS). Melalui fitur ini, eCanter dapat mendeteksi penyimpangan jalur truk melalui kamera pengenalan garis putih. Ketika kendaraan menyimpang dari jalur tanpa sinyal belok, sistem ini akan mengeluarkan peringatan kepada pengemudi dan menampilkan peringatan di dasbor.

eCanter memiliki spek tonase 7,5 ton dengan jarak jelajah 100 km sekali pengecasan selama 1,5 jam. Motor listriknya memiliki tenaga 135 kW dan torsi 390 Nm yang didukung enam baterai lithium ion tegangan tinggi (370 V, 13,5 kWh).