Truk Besar Ini Bisa Mengantar Barang Tanpa Supir

Truk Besar Ini Bisa Mengantar Barang Tanpa Supir
Teknologi self-driving, atau mengemudi sendiri (otonom) memungkinkan 80 persen perjalanan jauh ‘dikerjakan sendiri’ oleh sistem pada truk.
 

Kendaraan semi-otonom, tentu masih menjadi angan-angan untuk sebagian besar perusahaan otomotif, terutama pada sektor komersial, seperti truk besar untuk ekspedisi maupun logistik.

Namun, hal yang masih menjadi impian itu, menjadi kenyataan, setelah TuSimpel perusahaan di Amerika Serikat merancang teknologi tersebut dan dibuktikan oleh sebuah perusahaan pengantar buah semangka lintas negara, dengan pengoperasian oleh manusia yang minimal.

Perjalanan membawa buah dari kota perbatasan Meksiko-Arizona Nogales ke Kota Oklahoma ditempuh dalam waktu 14 jam 6 menit. Menurut TuSimple, itu 42 persen lebih cepat daripada pengemudi manusia, pada umumnya. Karena harus berhenti setelah 11 jam mengemudi dan beristirahat selama 10 jam, sesuai peraturan keselamatan. TuSimple mencapai waktu pengiriman yang begitu cepat karena tidak perlu mengikuti peraturan yang sama seperti truk yang dikemudikan manusia.

Berdasarkan Motor1, Truk itu menyelesaikan lebih dari 80 persen perjalanan 951 mil dengan sendirinya, sementara pengemudi manusia ‘membawa’ truk dari Nogales ke Tucson dan dari Dallas ke Oklahoma City, untuk 200 mil (320 km) terakhir. Waktu pengiriman yang lebih cepat ini memberikan banyak keuntungan besar, karena tiba di hari yang sama. Sehingga konsumen akan menerima  buah lebih segar dan limbah yang semakin minim untuk petani dan pedagangnya.