Truk Fuso Ini Dimodifikasi Jadi Kendaraan Kemping Segala Medan

Truk Fuso Ini Dimodifikasi Jadi Kendaraan Kemping Segala Medan
Wujud Fuso benar-benar hanya tersisa pada bagian kabin depan, selebihnya merupakan kreasi dari Earthcruiser
 

Berpetualang dan berwisata alam telah menjadi salah satu bentuk hoby yang kian digandrungi oleh banyak orang. Salah satunya adalah kamping dengan menggunakan kendaraan khusus.

Salah satu perusahaan yang serius menangani hobi baru ini adalah EarthCruiser. Perusahaan yang bermarkas besar di Oregon AS ini saat ini menawarkan kendaraan kemping terbaru dual kabin yang diambil dari basis truk Fuso.

Desain dengan model FX dan EXP ini dilengkapi dengan mesin V8 Vortec 6.000 cc, 297 hp dan torsi 490 Nm yang dikawinkan dengan transmisi matik 6 speed dari Allison. Mesin lansiran General Motors ini hadir dengan mengeser mesin diesel asli bawaan Fuso.

Seperti dikutip dari motor1, truk ini mengalami perubahan besar lainnya yakni pada perangkat kaki-kaki, di mana bawaan Fuso harus pensiun dini dan digantikan oleh gardan aftermarket Dynatrac Pro Series 80 (depan/belakang) di mana tiap gardan dijejali dengan differential air locker besutan ARB.

Model FX merupakan single cab, sedang EXP dual cab, di mana kehadiran kabin tambahan ini, praktis membuat varian EXP jadi lebih panjang. Sementara perangkat yang ada pada bagian belakangnya memiliki spesifikasi yang sama, seperti ruang tamu, dapur dengan kompor built-in, kulkas, shower, toilet dengan pengolah kompos dan ruang makan.

Untuk ketersediaan air bersih, truk ini dilengkapi pula dengan sistem penyaringan air dan juga pemanas air. Sedangkan untuk menyuplai kebutuhan listriknya dikaryakan alternator 400 Ampere, di mana dayanya mampu dibagi sebagai inverter ataupun charger hingga daya 3.000 watt. Untuk mensuport kebutuhan listrik, tiga panel surya dengan total daya 108 watt dipasangkan pada atap.

Agar petualangan lebih nyaman dan aman, truk ini pun dibekali dengan perangkat self recovery berupa winch elektrik di bagian depan dan belakang

Ada yang berminat membeli atau terinsipirasi untuk membuatnya?