Truk Listrik Mercedes-Benz eActros Siap Meluncur Di Eropa

Truk Listrik Mercedes-Benz eActros Siap Meluncur Di Eropa
Truk listrik pertama dari pabrikan berlambang bintang berujung tiga ini, menjadi pertanda tekad yang kuat Mercedes-Benz untuk mewujudkan jalan tanpa CO2.
 

Truk listrik eActros direncanakan akan diluncurkan dari jalur produksi di Wörth am Rhein, Jerman, mulai musim gugur 2021, seperti dilansir dari Daimler.com. Berbagai hal baru akan yang sudah ditemukan pada 2018 dan berbagai input dari konsumen, akan diwujudkan pada eActros anyar tersebut. Beberapa fiturnya, seperti MirrorCam dan Multimedia Cockpit Interactive telah diadopsi dan jadi kelengkapan standar.

Dalam pengoperasiannya, eActros dilengkapi dengan tiga atau empat paket baterai, masing-masing berkapasitas energi sekitar 105 kWh3. Kapasitas baterai maksimum 420 kWh2 memungkinkan jangkauan hingga 400 kilometer untuk dicapai.

Sebagai sumber penggeraknya, dua motor listrik yang terintegrasi dengan gardan rigid, agar bisa mengangkut beban berat, terdapat transmisi dua percepatan yang menyalurkan daya listrik hingga ke roda seperti dilansir dari hguk.com. Ada beberapa keuntungan dengan menggunakan dua motor listrik pada gardan itu. Seperti pusat gravitasi yang rendah, menunjang stabilitas tinggi saat menikung.

 

Kedua motor berpendingin cairan itu, menghasilkan output  sebesar 330 kW serta performa puncak 400 kW. Lantas, ada proses ‘pengisian’ dari sistem regenerasi listrik yang disinergikan dengan sistem pengereman.

Tingkat kebisingan dengan menggunakan motor listrik dibandingkan mesin diesel konvensional, sangatlah signifikan. Pengemudi menikmati pengurangan kebisingan sebesar 10 dB di dalam kabin, yang kira-kira setara dengan separuh volume kebisingan yang dapat dirasakan. Berkat tingkat kebisingan yang rendah, pengiriman pada malam hari juga dimungkinkan. Berlawanan dengan truk diesel, getarannya juga terasa lebih minim. eActros dapat diisi daya hingga 160 kW: Saat terhubung ke stasiun pengisian DC 400A biasa, paket baterai hanya memerlukan sekitar satu jam untuk mengisi daya dari 20 hingga 80%.

Pengemudi bisa menggunakan Multimedia Cockpit Interactive untuk mengetahui tingkat pengisian baterai dan kisaran yang tersisa, serta konsumsi energi saat ini dan rata-rata. Ada juga alat pemetaan yang menunjukkan lokasi kendaraan saat ini secara real-time, serta apakah sedang bergerak, diparkir atau sedang diisi, juga seberapa tinggi daya baterainya.

 

Untuk sektor keselamatan, profil aluminium melindungi baterai jika terjadi tabrakan samping, sementara sensor yang terintegrasi di dalamnya dapat mendeteksi skenario tabrakan. Sementara itu, untuk memastikan kendaraan lebih mudah didengar oleh pengguna jalan lain, seperti pejalan kaki dan pengendara sepeda, eActros hadir sebagai standar dengan Acoustic Vehicle Alerting System (AVAS) eksternal. Juga Sideguard Assist yang hadir sebagai standar pada eActros. Peralatan standar lain adalah sistem pengereman darurat Active Brake Assist generasi kelima yang mampu mendeteksi pejalan kaki yang ada di sekitar.