Truk Multifungsi Dari Swiss

Truk Multifungsi Dari Swiss
Bisa dipakai untuk kebutuhan militer maupun sipil
 

Swiss sejauh ini belum pudar sebutannya sebagai salah satu negara terindah di dunia. Namun bukan berarti kalau negara yang tidak mempunyai batas laut ini juga termasuk produsen kendaraan militer papan atas. Sebut saja Mowag yang sudah berdiri sejak tahun 1950 di wilayah Emmishofen.

Salah satu produk laris dari pabrikan yang masih dalam satu organisasi bisnis dengan General Dynamics ini adalah sebuah truk angkut ringan bernama Duro. Secara konsep memang dibuat sebagai kendaraan taktis untuk medan laga yang berbukit maupun di pengunungan. Model pertamanya bernama Duro I, muncul di tahun 1993 hingga 2003, militer Swiss sendiri memiliki 3.000 unit  khususnya oleh satuan Angkatan Darat.

Duro II muncul di rentang waktu (2004-2007) yang pendek, jumlahnya hanya puluhan unit saja. Sementara itu penggantinya, Duro III, muncul tak lami kemudian dengan spesifikasi lebih tangguh. Akronim Duro dijadikan nama yang kepanjangannya adalah “Durable” dan “Robust”.

Bisa juga untuk kebutuhan sipil

Duro sendiri terbilang sebagai kendaraan taktis yang fleksibilitas tinggi untuk disesuaikan kebutuhan. Tipe penggerak rodanya ada dua, 4x4S dengan jarak sumbu roda pendek, dan versi 4x4L dengan jarak sumbu roda lebih panjang. Ada juga versi 6x6. Variasi spesifikasi tersebut sesuai dengan konsep dasar sebagai kendaraan kendaraan modular yang mudah berganti komponen bodi.

Secara keseluruhan ada 30 titik komponen bodi, bahan aluminium dan plastik, yang bisa merupakan peruntukan truk ini. Bis ajdi ambulans, mobil angkut pasukan, bahkan menjadi mobil pemadam kebakaran. Secaradar catatan, jika menrunut pada opsi sebagai kendaraan angkut pasukan maka daya tampungnya 14-18 orang pasukan bersenjata lengkap bisa dibawa sekaligus.

Jika diperlukan untuk menarik gandingan, bukan hal sulit, karena berbekal mesin diesel buatan Cummins 5.900 cc Turbocharger bisa semburkan daya sampai 185 daya kuda. Besaran tenaga itu bisa menarik gandengan yang berat maksimalnya 5 ton. Sementara itu, transmisinya otomatis buatan Allison lima percepatan. Komposisi dimensinya; panjang 6,35 meter, tinggi 2,6 meter, dan lebar 1,99 meter.