Sofie: Mbahnya VW Kombi

Sofie: Mbahnya VW Kombi
Sosoknya kini menjelma menjadi ID.Buzz
 

Tujuh puluh tiga tahun lalu Volkswagen melansir pertama kalinya produk van yang kemudian dikenal sebagai Type 2 yang mesinnya sama dengan VW Beetle tahun itu (1950). Dengan nomor sasis 20-1880, punya nama panggilan Sofie, merupakan produk yang sudah dipesan oleh pembelinya yang berada di kota Hildesheim, bagian utara Jerman. Tak jauh juga dari kantor pusat VW saat ini di Wolfsburg.

Sejak tahun 1950, selama 23 tahun lamanya Si Biru ini melintasi berbagai jalan di wilayah itu untuk mengantarkan berbagai produk kelontong ke pembelinya. Hingga kemudian terlupakan saat tidak lagi aktif beroperasi. Sampai salah seorang kolektor VW asal Denmark melihat van ini terpuruk tak terurus untuk direstorasi di tahun 2000 hingga bisa laik jalan lagi.

Sebagai mobil lawas yang sangat terjaga kondisinya, sang pemilik juga sempat meraih kenbanggaan khusus karena Sofie berkali-kali endapatkan penghargaan di banyak ajang kontes VW di seputaran Eropa. Dan pada tahun 2014 dijualah van itu ke pihak VW yang diyakini akan bisa meneruskan memelihara VW Type 2 itu.

Oleh pihak VW, Sofie direstorasi ulang lagi, mulai dari mesin sampai bodi dan juga sejumlah detail lainnya. Dan meski tidak direncanakan untuk diproduksi ulang namun inspirasinya diramu ulang dengan muncul ID.Buzz yang merupakan lambang baru dari sebuah Van buatan VW.