Bus Kota: Inggris Makin Listrik

Bus Kota: Inggris Makin Listrik
Anggarannya tiliunan rupiah
 

Akhir tahun 2022 jadi satu penegasan lagi bahwa Inggris Raya memang jadi salah satu garda terdepan penyedia angkutan massal yang tanpa emisi. Sebuah perusahaan otobus bernama Transport for Greater Manchester melakukan pemesanan sebanyak 50 unit bus tingkat bertenaga listrik.

Puluhan unit bus tingkat tenaga listrik itu akan menambah jumlah armada dari perusahaan ini menjadi 100 unit yang tidak lagi bermesin bahan  bakar fosil. Bus-bus tersebut akan melintasi rute di beberapa kota seputaran Manchester seperti Bury, Rochsdale, dan juga Oldham.

Seluruh pesanan bus tersebut dibuat oleh salah satu karoseri terbaik di wilayah Inggris, Alexander Dennis. Unit produksi yang berada di kota Scarborough akan jadi tulang punggung penyelesaian pesanan bus tingkat tersebut.

Pihak otoritas tranportasi massal di wilayah Manchester menyebutkan bahwa program elektrifikasi angkutan umum ini merupakan program nasional. Sekaligus juga telah menjadi amanat kewilayahan untuk melakukan integrasi seluruh moda transportasi umum yang semakin terjangkau dalam segala hal bagi seluruh warga.

Itu semua juga jadi bagian dari proyek intensifikasi angkutan massal di wilayah yang dikenal sebagai salah satu sentra multi industri di Inggris Raya. Tak kurang dari anggaran sebesar 100 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,8 tiliun sudah disepakati untuk membiayai program tersebut.