Bus Listrik 30 Meter Siap Hadir di Brisbane

Bus Listrik 30 Meter Siap Hadir di Brisbane
Rencana pengoperasian bus bi-articulated tersebut diumumkan oleh Dewan Kota Brisbane dan akan menjadi moda angkutan baru untuk masyarakat urban
 

Bus kota listrik dengan panjang hampir 30 meter akan segera dioperasikan di Brisbane, Australia.

Rencana pengoperasian bus bi-articulated tersebut diumumkan oleh Dewan Kota Brisbane dan akan menjadi moda angkutan baru untuk masyarakat urban di Kota Brisbane.

Bus bi-articulated ini sebelumnya telah sukses dioperasikan di sejumlah kota di Eropa dan Amerika Selatan.

Rencana yang dibuat oleh Dewan Kota Brisbane melalui pengoperasian bus metro service ini adalah menghadirkan bus setiap tiga menit sekali di dua rute yang dirancang khusus untuk bus ini.

busworld

Finalisasi konsep bisnis pengoperasian bus ini akan difinalisasi pada bulan Mei 2017 di dua rute. Pengerjaannya akan dimulai pada 2018 dan akan selesai pada tahun 2022.

Sejauh ini belum ditentukan siapa perusahaan yang ditunjuk sebagai pemasok bus bi-articulated tersebut.

Namun ada peluang dari dua vendor. Yakni, pabrikan bus Van Hool Exquity 24 dari Belgia dan Hess Autotram dari Swiss. Van Hool dikenal sebagai produsen bus kota dan bus antarkota/bus pariwisata mewah di Eropa.

Keduanya mampu memasok bus bi-articulated berdesain modern. Bus ini akan memiliki tiga kompartemen penumpang dengan pengemudi di bagian depan.

Layaknya bus biasanya, bus bi-articulated ini juga akan tetap menggunakan ban karet namun akan dioperasikan layaknya trem.