Duh, Bus Pahala Kencana Mau Ke Bali Terbakar Di Tol Jatim

Duh, Bus Pahala Kencana Mau Ke Bali Terbakar Di Tol Jatim
Diawali gesekan pelek dengan permukaan jalan
 

Bus Pahala Kencana dengan Nopol B7426TK diketahui terbakar di jalur Tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur. Dept Head Business & Relation Astra Toll Jomo, Udhi Dwi Saputro, mengungkapkan saat kejadian ada empat kru dan 34 orang penumpang. Mereka dalam kondisi selamat dan tidak ada yang terluka setelah kejadian bus terbakar (17/4).

"Alhamdulillah, info awal tidak ada korban. Keseluruhan penumpang dan kru sudah keluar bus saat terjadi kebakaran," kata Udhi Dwi Saputro saat dikonfirmasi, sebagaimana dikutip dari Antara.

Bus berangkat dari Bandung menuju Pulau Dewata. Seluruh penumpang selanjutnya dibawa oleh bus pengganti menuju tujuan akhir. "Penumpang dievakuasi ke GT Mojokerto Barat menunggu bus pengganti," imbuh Udhi.

"Karena kondisi empat ban hancur terbakar, ini masih menunggu mobil derek dan empat ban dari garasi Pahala Kencana," ujar lebih lanjut.

Kanit PJR Jatim III Satuan PJR Ditlantas Polda Jatim, AKP Yudiyono, ikut menambahkan bawah kejadian itu berawal dari bus Pahala Kencana yang dikemudikan Ade (58), warga Desa Dharma Wangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, melaju dari Bandung menuju Denpasar.

Kendaraan itu melaju di lajur lambat atau kiri. Setibanya di Km 705 A kendaraan tersebut mengalami pecah ban kanan belakang sehingga pelek bergesekan dengan beton menimbulkan percikan api.

"Kejadian itu menimbulkan KR bus terbakar. Posisi terakhir kendaraan di bahu jalan menghadap ke timur," ujarnya menjelaskan. Ditambahkannya lagi, saat kejadian arus lalu lintas lancar cuaca cerah saat kejadian di pagi hari itu.

Pihaknya juga sudah melalukan pemeriksaan di lokasi kejadian serta meminta keterangan sejumlah saksi. Pemadaman api juga sudah selesai dilakukan dan menunggu mobil derek. "Diduga terjadi gesekan pelek dan beton sehingga kendaraan terbakar," pungkasnya. 

Baca juga: Volume Penumpang Arus Balik Makin Tinggi

Baca juga: Kemenhub: 1,2 Juta Orang Di Arus Balik Pakai Angkutan Umum