Force Motors Siap Beli Aset Pabrik MAN Truck and Bus yang Akan Hengkang dari Pasar India

Force Motors Siap Beli Aset Pabrik MAN Truck and Bus yang Akan Hengkang dari Pasar India
MAN Trucks and Bus awal Agustus 2018 ini mengumumkan keputusannya cabut dari pasar truk dan bus di India karena ketatnya persaingan pasar.
 

Force Motors, perusahaan otomotif India yang berbasis di Pune, siap membeli aset fasilitas perakitan truk dan bus milik MAN Trucks and Bus setelah muncul kabar pabrikan kendaraan komersial asal Eropa itu akan hengkang dari pasar India.
Saat ini MAN Trucks and Bus memiliki pusat perakitan kendaraan di Pithampur di negara bagian Madhay Pradesh, India. Namun tidak diketahui berapa nilai akuisisi aset tersebut oleh Force Motors.

Situs The Hindustan Business mengabarkan, berdasar hasil kesepakatan yang dibuat, sejumlah karyawan yang selama ini bekerja di pusat perakitan truk dan bus MAN di Pithampur, siap jika mereka dialihkan status kekaryawanannya ke Force Motors jika akuisisi ini selesai dilakukan.

MAN Trucks and Bus awal Agustus 2018 ini mengumumkan keputusannya cabut dari pasar truk dan bus di India karena ketatnya persaingan pasar. MAN Trucks and Bus akan memilih berkonsentrasi menggarap segmen truk dan bus premium. Sementara sebagian fasilitas produksinya di India, akan dijadikan pusat riset dan pengembangan (R&D) untuk mendukung bisnis global MAN Truck and Bus. Di India, MAN berhadapan dengan pemain truk dan bus lokal yang memiliki pasar kuat di India seperti Tata Motors, Mahindra dan Eicher serta BharatBenz. 

Konsekuensi dari hengkangnya MAN dari pasar India, mereka harus menunda sejumlah projects yang sebelumnya mereka sudah siapkan, termasuk rencana peluncuran produk baru di pasar India serta rencana upgrade model truknya di sana untuk memenuhi target spesifikasi BS VI sesuai regulasi yang ditetapkan Pemerintah India mulai 1 April 2020 mendatang.