Hore, Bus Listrik Mercedes-Benz eCitaro Kini Jadi Bus Kota di Hamburg

Bus listrik eCitaro mendebut pada bulan September 2018 lalu dan menyandang baterai berkapasitas 243 kilowatt-hours untuk menggerakkan dua motor elektriknya.
 

Setelah diperkenalkan di ajang IAA Commercial Vehicle 2018, Daimler resmi melakukan serah terima 20 unit bus listrik Mercedes-Benz eCitaro kepada Hochbahn, perusahaan transportasi di Kota Hamburg, Jerman, Kamis (15/11/2018) lalu.

Bus listrik eCitaro ini selanjutnya dioperasikan sebagai bus kota untuk melayani publik di Kota Hamburg.

Bus listrik eCitaro melakukan debutnya pada bulan September 2018 lalu dan menyandang baterai berkapasitas 243 kilowatt-hours untuk menggerakkan dua motor elektriknya.

Bus ini mampu membawa beban hingga tujuh ton dengan 88 penumpang dalam sekali jalan. Dalam kondisi baterai terisi penuh, bus dapat melaju hingga jarak 155 mil dalam kondisi pengemudian yang ideal. Daimler menyatakan, untuk menjangkau jarak tempuh 93 mil, bus listrik eCitaro bisa meraihnya dengan mudah.

Mengutip situs Motor Authority, setelah dilakukan serangkaian pengecekan, puluhan bus listrik eCitaro ini selanjutnya akan ditempatkan di pool bus Hochbahn. Daimler menyatakan kehadiran bus listrik eCitaro mampu memenuhi 30 persen dari kebutuhan perusahaan transportasi. Nantinya, bus generasi kedua eCitaro akan mampu memenuhi 50 persen kebutuhan operator. 

Bus listrik eCitaro

Hochbahn telah memesan 20 unit eCitaro kepada Daimler dan sampai dengan tahun 2020 mendatang akan menjadi pembeli eksklusif bus listrik ramah lingkungan ini. Saat ini Hochbahn mengoperasikan sekitar 1.000 unit bus dan melayani 11 rute di Jerman. Citaro merupakan model bus kota terlaris dari Mercedes-Benz dan bus ini menghiasi wajah berbagai kota di Eropa. Mercedes-Benz juga memasarkan Citaro hybrid, dan Citaro NGT bermesin bensin.

Di masa datang, Mercedes-Benz akan terus mengembangkan teknologi kendaraan listrik ini . Selain bus listrik, Daimler juga sudah meluncurkan truk listrik di bawah brand Freightliner untuk pasar Amerika Utara. eCitaro sendiri merupakan perwujudan ambisi Daimler untuk memperluas jangkauan mobilitas. Sebelumnya, Daimler telah menandatangani nota kerjasama dengan Pemerintah Kota Hamburg untuk implementasi solusi 'electromobility' dalam beragam format kendaraan pada tahun 2020 mendatang.