KTB Sosialisasikan Aturan Terbaru Rancang Bangun Karoseri Bak Truk

Acara ini sekaligus digunakan KTB untuk menyosialisasikan konsep rancang bangun bak truk untuk Mitsubishi Fuso Fighter, truk terbaru Mitubishi.
 

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor penjualan truk dan bus Mitsubishi Fuso di Indonesia, menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang regulasi terbaru rancang bangun karoseri kendaraan niaga yang saat ini sudah digulirkan Kementerian Perhubungan. 

Acara sosialisasi ini sekaligus digunakan KTB untuk mensosialisasikan konsep rancang bangun bak truk untuk truk terbarunya Mitsubishi Fuso Fighter yang akan resmi diluncurkan secara nasional awal tahun 2019 ini dan diikuti oleh 28 perusahaan karoseri bak truk dan sejumlah perwakilan diler resmi Fuso serta pejabat Kementerian Perhubungan di di kantor pusat KTB Pulomas, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Direktur Sales & Marketing KTB, Duljatmono mengatakan, melalui kegiatan semacam ini KTB menghimbau industri karoseri meningkatkan kualitas dan standar tinggi pada proses pembuatan rear body kendaraan untuk meraih kepuasan konsumen. 

“Karoseri merupakan mitra bisnis yang sangat penting bagi Mitsubishi Fuso dalam menyediakan kendaraan niaga yang memberikan performa sesuai dengan kebutuhan konsumen. Agen Pemegang Merk (APM) dan Karoseri juga perlu memperhatikan aspek keselamatan dalam berkendara dan berlalu lintas sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah," kata Duljatmono.

Direktur Sarana Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Sigit Irfansyah, ATD., M. Sc., di acara ini menjelaskan tentang regulasi pemerintah terkait dengan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) kendaraan yang bisa diakses secara online. Sigit juga memaparkan tentang regulasi rancang bangun yang sesuai dengan dengan ketentuan pemerintah.

Direktur Sarana Perhubdar, Kemenhub, Sigit Irfansyah, ATD., M.Sc

Selama ini, truk merupakan kendaraan transportasi bisnis yang erat kaitannya dengan muatan. Namun masih banyak konsumen yang belum membuat rancang bangun sesuai dengan regulasi untuk memenuhi profit bisnisnya.

Deputy Group Head of Product Strategy Group KTB, Bayu Aprizal mengatakan, pihaknya yakin pengusaha karoseri dapat menerapkan standar kualitas yang kami buat dengan memperhatikan petunjuk pemasangan rear body dan pre delivery inspection untuk menjamin kendaraan niaga kembali ke dealer dan sampai ke tangan konsumen sebagaimana yang seharusnya diterima.

Di event ini KTB juga memaparkan tentang arah bisnis kendaraan niaga di tahun 2019 serta optimisme Mitsubishi Fuso memasuki tahun 2019 bersama truk Fighter serta memberikan paparan detil mengenai karakteristik truk Fighter agar pengusaha karoseri lebih mudah melakukan penyesuaian saat membuat rancang bangun bodi bak truknya.