Pemprov DKI: Berangkatkan Motor Yang Mudik

Pemprov DKI: Berangkatkan Motor Yang Mudik
Tindakan preventif atasi kecelakaan di jalan raya
 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberangkatkan 355 sepeda motor milik peserta mudik gratis dari Terminal Pulogadung, Jakarta Timur pekan ini (3/4). Motor tersebut diangkut dengan menggunakan belasan truk yang telah disediakan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Hari ini kami memberangkatkan 12 truk program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta bagi pemudik yang sudah menitipkan sepeda motornya sebanyak 335 unit," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, seperti dikutip dari Antara.

Menurutnya, truk angkutan motor milik pemudik itu diberangkatkan menuju Semarang, Kebumen, Solo, Yogyakarta, Wonogiri dan Malang. "Program ini diberikan agar warga tidak perlu naik sepeda motor ke kampung halaman, dengan jarak tempuh yang cukup jauh dan melelahkan. Tentunya ini untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas," kata Syafrin lagi.

Ditambahkannya lagi, pemberangkatan angkutan mudik gratis sepeda motor ini dimulai tepat pukul 08.00 WIB dan diharapkan tiba di tempat tujuan pada Kamis (4/4).  "Besok (Kamis) Pj Gubernur akan melepas 12.160 peserta mudik gratis ke-19 kota tujuan dari Monas," jelas Syafrin.

Untuk arus balik, kata dia, sepeda motor akan diberangkatkan pada 13 April dari enam kota dengan 11 truk. Kemudian untuk penumpang diberangkatkan 14 April dari 19 kota dengan jumlah bus 206 armada. Syafrin menyebutkan animo masyarakat sangat tinggi untuk ikut serta dalam program mudik gratis ini sehingga, ke depan perlu menambah jumlah kuota peserta.

"Animo masyarakat tentu sangat tinggi karena saat kami buka tanggal 20 Maret dalam jangka waktu dua hari kuota yang disiapkan sudah penuh, lalu kami berupaya untuk koordinasikan kerja sama dengan pihak terkait sehingga ada tambahan bus karena jumlah penumpang dari 10.470 orang menjadi 12.160 orang," katanya. 

Sementara itu, Kepala Terminal Pulogadung, Suratman, menjelaskan, seluruh sepeda motor yang akan ikut mudik gratis ini sudah siap sejak Selasa (2/4) pukul 06.00 WIB. Setelah kendaraan diverifikasi ulang, kemudian sepeda motor dipasangi stiker sebagai tanda telah lulus verifikasi sekaligus untuk kota tujuannya.

"Untuk keamanan di jalan, semua bensin dikosongkan dari tangki sepeda motornya. Kemudian sejak semalam sampai tadi pagi, sepeda motor dinaikkan ke truk tersebut," kata Suratman.

Baca juga: Kuota Mudik Gratis BUMN Naik Bus Baru Terisi 30 Persen

Baca juga: Kemenhub: Kuota Mudik Gratis Dengan Bus Naik