Perayaan 50 Tahun Neoplan Skyliner, Bus Double Decker Touring Pertama di Dunia

Perayaan 50 Tahun Neoplan Skyliner, Bus Double Decker Touring Pertama di Dunia
Neoplan sendiri adalah nama bus body builder yang didedikasikan untuk merakit bus-bus dengan sasis dan mesin MAN dan dipasarkan ke seluruh dunia.
 

Pekan pertama bulan Mei 2017 lalu, produsen bus dan truk Jerman, MAN, merayakan 50 tahun kehadiran bus Skyliner double decker di dunia. Bus double decker Neoplan Skyliner pertama kali mengaspal pada 26 April 1967.

Neoplan sendiri adalah nama bus body builder yang didedikasikan untuk merakit bus-bus dengan sasis dan mesin MAN dan dipasarkan ke seluruh dunia. Sejak peluncuran pertama Neoplan Skyliner di bulan April 1967, hampir 5.000 unit bus Neoplan Skyliner yang terjual ke pasar. Tentu saja, ini sebuah prestasi membanggakan. 

Tak terbantahkan, Neoplan Skyliner adalah pelopor bus double decker untuk segmen bus touring di dunia. Bus ini menawarkan kemewahan dan kenyamanan duduk di dalam kabinnya kepada penumpang selama di perjalanan.

Neoplan juga memproduksi bus-bus mewah lainnya seperti bus Neoplan Megaliner dengan quad axle, dan bus articulated double decker (bus gandeng tingkat) Jumbocruiser. 

Konrad Auwärter, desainer Neoplan Skyliner, bus double decker touring pertama 

Asal tahu saja, Konrad Auwärter adalah sang desainer awal Neoplan Skyliner, bus double decker touring pertama di dunia. Bus Neoplan Skyliner memang sangat melegenda karena banyak digunakan di momen-momen penting.

Neoplan Skyliner hadir pertama kali di tahun 1967

Antara lain dengan konfigurasi quad-axle dengan panjang bodi 15 meter, bus ini pernah dipakai di pusat peluncuran antariksa Amerika Serikat di Cape Canaveral.

Neoplan Skyliner juga dipercaya mengangkut keluarga raja dan para pangeran Arab sebagai mobile home saat mereka menunaikan ibadah ke Tanah Suci.

Sejak peluncuran perdananya 50 tahun lalu, Neoplan Skyliner terbaru merupakan seri Skyliner generasi ketujuh. Bus ini tetap tidak kehilangan pesonanya dan kini tampil dengan desain tajam.

Desain diamond cut ini antara lain bisa ditemukan pada upper side window.