Rosalia Indah Keluar Jalur Di Tol, 7 Penumpang Tewas

Rosalia Indah Keluar Jalur Di Tol, 7 Penumpang Tewas
Pengemudi diduga kelelahan dan mengantuk
 

Sebanyak tujuh orang meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas yang dialami bus Rosalia Indah di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang di wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, pada Kamis pagi (11/4). Kejadian sekitar pukul 06.30 WIB.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Tengah Komisaris Besar Polisi, Satake Bayu Setianto, membenarkan terjadinya kecelakaan tunggal bus Rosalia Indah tersebut. Ia menjelaskan kejadian kecelakaan tersebut bermula ketika bus Rosalia Indah melaju dari arah barat ke timur atau Jakarta menuju Semarang.

Ketika sampai di lokasi kejadian KM 370, bus bernomor polisi AD 7019 OA tersebut keluar dari jalan dan masuk ke parit di sisi kiri jalan. Dugaan sementara, menurut Satake, sopir bus Rosalia Indah mengantuk sehingga mengakibatkan kendaraan tersebut keluar jalur.

"Bus mengangkut 34 penumpang, termasuk sopir dan kondektur," sebut pamen yang pernah menjabat Kabidhumas Polda Bali dan Kabidhumas Polda Sumatra Barat itu. Tujuh orang korban meninggal dunia dalam peristiwa kecelakaan itu kemudian dievakuasi ke RS Islam Weleri, Kabupaten Kendal.

Selain tujuh korban meninggal, terdapat pula 15 orang penumpang bus Rosalia Indah yang mengalami luka-luka.

Diduga sopir mengalami microsleep

Sementara itu, Kakorlantas Irjen Pol. Aan Suhanan mengatakan kecelakaan bus Rosalia Indah di KM 370 ruas Rol Semarang-Batang di wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, diduga akibat sopir bus kelelahan.

"Dugaan awal sudah lelah. Kemungkinan terjadi 'microsleep" di TKP sehingga terjadi kecelakaan tunggal," kata Aan saat mengecek kondisi korban selamat dalam kecelakaan tersebut di RS Islam Kendal hari ini (11/4).

Hal itu didasarkan atas keterangan pengemudi bus bernama Jalur Widodo tersebut. Selain itu, lanjut dia, dari keterangan pengemudi juga diketahui bus sempat bermasalah dan diganti di Km 227 ruas Tol Pejagan-Palimaman.

"Sempat berganti kendaraan, namun pengemudi tidak berganti," katanya. Aan mengatakan bus tersebut mengangkut penumpang dari Bekasi dengan tujuan Jawa Timur.

Tujuh penumpang tewas yang terdiri dari empat orang dewasa dan tiga anak-anak. Empat korban meninggal dunia dalam kejadian tersebut telah teridentifikasi dan dikonfirmasi dengan keluarganya. Sementara 17 orang korban luka dalam kejadian dirawat di RS Islam Kendal.

Baca juga: Sopir Primajasa: Saya Coba Menghindari Ke Kiri…

Baca juga: Di Jalur “Contra Flow”: Tidak Boleh Pindah Lajur!