Speed Sensor Bermasalah, Hino Recall Ratusan Seri Bus Hino RN dan Hino RK di Australia

Total 162 unit truk Hino 700 rakitan mulai dari 6 Juli 2012 sampai 28 Juni 2014, yang harus di-recall. Sementara, bus Hino RN yang harus di-recall mencapai 27 unit
 

Hino Motor Sales Australia melakukan penarikan (recall) atas sejumlah bus seri Hino RN dan Hino RK serta truk Hino 700 Series sehubungan dengan temuan sensor kecepatan (speed sensor) yang bermasalah. Speed sensor di seri bus dan truk ini diketahui tidak bisa akurat membaca kecepatan kendaraan saat sedang melaju, demikian disebutkan oleh Departemen Infrastruktur dan Pengembangan Regional dan Kota, yang bertanggung jawab atas keputusan recall ini seperti dikutip situs Busnews.com.au, Selasa (11/12/2018).

Total ada 162 unit truk Hino 700 rakitan mulai dari 6 Juli 2012 sampai 28 Juni 2014, yang harus di-recall. Sementara, bus Hino RN yang harus di-recall mencapai 27 unit, produksi 2 Oktober 2012 sampai 30 November 2012 serta tiga unit bus Hino RK, produksi 30 Juli 2012 sampai 10 Juni 2014. Bus-bus dan truk yang harus di-recall ini dipasarkan dan didistribusikan oleh Hino Motor Sales Australia dan terjual ke tangan konsumen di rentang periode 6 Juli 2012 sampai 28 Juni 2014.

Sensor gagal membaca kecepatan secara akurat

Dari analisis sementara menunjukkan, biang penyebab speed sensor gagal membaca kecepatan kendaraan secara akurat, adalah pemakaian material yang memiliki tingkat ketahanan termal berbeda. Saat temperatur naik, material di dalam speed sensor menunjuk level kecepatan berbeda yang menyebabkan komponen tertentu menganggung operasional kendaraan.

Dikhawatirkan hal ini memicu korsleting yang menyebabkan sistem peringatan dini untuk lampu pengereman dan atau transmisi bisa tiba-tiba menyala sendiri. Kinerja spidometer pun menjadi ikut kacau.

Akibatnnya pengemudi tidak bisa mengambil keputusan tepat untuk menentukan batas kecepatan kendaraan yang dikemudikan. Dikhawatirkan hal ini membuat bus atau truk yang speed sensor-nya bermasalah melaju melampaui batas kecepatan maksimum yang ditentukan regulator sehingga memicu risio kecelakaan bagi pengguna jalan lain.

Dalam recall ini, para pemilik truk dan bus Hino yang produknya masuk dalam cakupa recall agar membawa kendaraannya ke diler resmi Hino terdekat untuk dilakukan penggantian komponen secara gratis. Hino pertama kali memasarkan bus di Australia tahun 1965. Bus pertama Hino yang djual di Australia dirakit di Freighter Industries di Kota Adelaide dan dipasarkan di Tasmania.

Bus ini terus dijual di Australia di rentang 1980an sampai 1998 di bawah bendera Hino Bus Australia. Nama perusahaan ini kemudian berubah menjadiHino Motor Sales Australia (HMSA) sampai sekarang. Bus dan chassis bus Hino yang dipasarkan di Australia cukup bervariasi mulai dari bus dengan gross vehicle weight (GVW) 8,5 ton sampai 16 ton dengan kapasitas angkut 35 penumpang hingga 61 penumpang.