UD Trucks : Quester Menjadi Salah Satu Display di Tokyo Motor Show 2017

Di antara truk canggih UT Trucks, Quester yang menjadi andalan usaha di Indonesia ikut memeriahkan Tokyo Motor Show 2017. Pengunjung cukup antusias melihat truk yang dirancang untuk negara berkembang.
 

Berbeda dengan jurnalis yang umumnya berkunjung pada press day di Tokyo Motor Show (TMS), bus-truck.id datang ke salah satu pameran otomotif akbar di Asia tersebut di hari terakhir perhelatan, Minggu (5/11) lalu.

Merupakan keseruan tersendiri di hari tersebut. Karena bisa merasakan keadaan yang dialami rata-rata pengunjung, ikut mengantre di depan loket tiket, serta menyaksikan setiap booth beramai-ramai dengan pengunjung lainnya. Tak seperti press day yang merupakan hari khusus untuk wartawan, dengan booth yang memang sepi dari pengunjung lainnya.

Pada booth UD Trucks, sajian utama adalah Quon yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu, truk canggih dengan perangkat elektronik yang mirip dengan kendaraan penumpang. Cruise Control, Lane Departure Warning System, serta beberapa perangkat canggih lainnya.

Quon, dengan fitur canggih seperti mobil penumpang

Ada satu hal yang menjadi highglight pada Quon, yaitu Foretrack, yang mengambil data rute yang dilalui melalui GPS. Sudut tikungan, tanjakan, derajat kemiringan, semuanya masuk ke dalam memori sistem dan ketika truk melewati jalur tersebut, secara otomatis computer (ECU) akan mengambil data dan mengaplikasikannya pada bukaan throttle, sudut setir dan transmsi. Hal ini membantu pengemudi agar bisa mengemudi hemat dan aman.

Simulasi Foretrack oleh Kenneth Hagas, VP Brand and Marketing UD Trucks

Sebagai warga Indonesia, cukup berbangga juga melihat truk andalan UD Trucks untuk negara berkembang yang dipasarkan cukup banyak di Indonesia, yaitu Quester di ajang pameran Internasional ini.

Disandingkan dengan berbagai truk dengan perlengkapan canggih dari UD Trucks, Quester berdiri mantap di salah satu sudut. Cukup ramai juga pengunjung yang penasaran ingin masuk ke dalam kabin Quester untuk sekadar selfie.