Volvo Aplikasi Teknologi Baru Untuk Keselamatan Pengguna Jalan Lain

Volvo Aplikasi Teknologi Baru Untuk Keselamatan Pengguna Jalan Lain
Kendaraan besar, memiliki blind spot dari pengemudi untuk melihat kondisi pengguna jalan lain di sekitarnya.
 

Semakin besar kendaraan, tentunya semakin banyak keterbatasan pandangan dari pengemudi ke sekitarnya. Seperti pada truk yang memiliki blind spot yang cukup membuat pengemudi perlu lebih berhati-hati.

Namun, kondisi ini bisa dibantu dengan teknologi pendukung berupa side assistance, seperti yang digunakan oleh truk Mercedes-Benz.

Kini Volvo Trucks juga mengembangkan sistem serupa, untuk memberi bantuan pada pengemudi, tentang kondisi di sekitar truk, seperti pengendara sepeda atau pejalan kaki.

Volvo Trucks menawarkan sistem keamanan barunya. Menggunakan radar ganda di setiap sisi truk, sistem mendeteksi ketika pengguna jalan lain, misalnya pengendara sepeda, ketika memasuki area berisiko.

“Kecelakaan bisa terjadi dalam hitungan detik. Penelitian kecelakaan ekstensif kami didasarkan pada studi beberapa dekade dalam situasi kehidupan nyata dan sistem keselamatan baru ini membantu pengemudi mencegah potensi tabrakan,” kata Anna Wrige Berling, Direktur Keamanan Lalu Lintas & Produk di Volvo Trucks.

Ketika seseorang berada di zona titik buta, sistem yang disebut Side Collision Avoidance Support, memberi tahu pengemudi melalui lampu merah di kaca spion.

Jika pengemudi melakukan perubahan jalur sambil menyalakan lampu sein, lampu merah mulai berkedip dan suara peringatan keluar dari sisi potensi tabrakan, baik kiri ataupun kanan. Pengemudi diperingatkan dan dapat mengerem truk, misalnya memungkinkan pengendara sepeda untuk lewat.

Sistem baru ini akan tersedia secara global di Volvo FH, FM dan FMX dengan penggerak diesel, gas dan listrik, mulai September tahun ini. Sedangkan Volvo FL dan FE di tahun 2023.