Bocoran Karoseri Laksana Untuk GIIAS 2023

Bocoran Karoseri Laksana Untuk GIIAS 2023
Laksana kampanye safety
 

Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2023 dipastikan meriah dengan kehadiran brand-brand otomotif baru khususnya dari Tiongkok.

Selain jadi ajang debut mobil-mobil anyar dan pameran produk aftermarket, segmen komersial di GIIAS 2023 juga bakal semarak dengan kehadiran tiga raksasa Karoseri Tanah Air yakni Adiputro, Tentrem dan Laksana. Nama terakhir, Laksana asal Ungaran, Semarang, Jawa Tengah dipastikan akan all out untuk penampilannya di GIIAS 2023. 

Salah satu hal yang digadang Laksana untuk GIIAS 2023 ialah mengedepankan filosofi safety pada semua bus-bus buatannya. "Tema booth yang diusung Laksana untuk GIIAS 2023 itu Pioneer of Safety," kata Candra Dewi selaku Brand & Marketing Communication Manager Karoseri Laksana kepada Bus-Truck.id

Tes UN ECE R29 terkaitan dengan pengujian benturan frontal

"Pioneer of Safety, ini artinya kan (Laksana) pioner dalam hal keselamatan," tambahnya. 

Laksana kian fokus menyoroti soal safety pada busbuatannya dengan serangkaian pengetesan berstandar internasional sesuai ketentuan Standar UN ECE (United Nations European Economic Commission). 

Ini merupakan standarisasi keamanan untuk bus yang paling banyak diaplikasi di seluruh dunia. Tak kurang dari 50 negara. ECE sudah meratifikasi regulasi hal ini. Mulai standar UN ECE R29 yang secara khusus berkaitan dengan tes benturan frontal, Laksana juga sudah menerapkan sejumlah regulasi ECE dalam rancangan produk mereka.

Kemudian UN ECE R66, uji guling untuk mengetes kekuatan ‘superstructure’ dari sebuah bus. Serta UN ECE R107 yang merupakan uji sudut minimal untuk stabilitas bus, dan juga UN ECE R80 yaitu uji kekuatan kursi dan dudukan kursi. 

Sayangnya, Candra masih bungkam saat ditanya lebih lanjut perihal bodi bus baru yang akan dirilis Laksana di GIIAS 2023. "Ditunggu aja ya Mas, hehehe" kata Candra yang memang singkat. 

Berbeda dengan kompetitornya, Tentrem. Mereka secara meyakinkan sudah memajang kisi-kisi bodi bus baru "Grand Captain" yang akan ditampilkan di GIIAS 2023. Sementara Adiputro dipastikan bakal tampil megah di GIIAS menempati booth seluas 1.280 m2 sekaigus merayakan hari jadi emas ke-50 tahun 

Baca juga : Bocoran Karoseri Laksana Untuk GIIAS 2023

Baca juga : Bisnis Perusahaan Otobus Semakin Menjanjikan?