Bus Terbaru Scania New Marcopolo, Diperkenalkan Pada Pasar Filipina

Scania kini menjadi pemain baru di segmen bus di Filipina yang patut diperhitungkan kehadirannya.
 

Scania kini menjadi pemain baru di segmen bus di Filipina yang patut diperhitungkan kehadirannya. Bus-bus yang mereka pasarkan mulai diterima market sejak mereka resmi masuk pasar Filipina dengan memasarkan truk-truk heavy duty di tahun 2015.

Kali ini Scania memperkenalkan bus mewah terbarunya, new Marcopolo ke pengusaha transportasi di Filipina. New Marcopolo tidak hanya menawarkan keamanan dan kenyamanan, tetapi juga pengalaman perjalanan jauh menggunakan bus terbaik. Untuk membuktikan performa dan kenyamanan bus ini, Scania Filipina baru-baru ini mengajak sejumlah media dan blogger pelesir dengan bus ini menuju Provinsi Pampanga.

Situs Business Mirror Fililipina melansir, Scania New Marcopolo ditenagai mesin K360iB 4x2  dengan mesin diesel enam silinder berkapasitas 13.000 cc. Mesin tipe ini sebelumnya sudah dipasarkan di Indonesia dan terbukti sukses. Scania New Marcopolo memiliki desain kokpit yang canggih di bagian pengemudi. Kursi yang nyaman dengan penyesuaian sandaran dan lateral yang dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Dari segi eksterior, bus ini tampil dengan rangka kabin tinggi dan besar, menunjukkan seperti apa seharusnya sebuah bus modern dibuat, Bagian depan tampil melengkung dengan fasia aerodinamis. Desain di moncong depan menonjolkan kaca depan yang luas dan lampu depan yang tampak ramping.

Interior bus ini didominasi motif warna terang dengan konfigurasi kabin 49 kursi penumpang yang didukung dengan ambience LED lamp di sepanjang kompartemen atasnya. Lantai kabin serta lorong di bus ini dibuat rata, sehingga memberikan cukup ruang untuk kaki. Bahkan, selain bersandar, kursi lorong di bus ini dilengkapi dengan penyesuaian lateral untuk lebih menciptakan ruang di antaranya.

Panel instrumen dan kursi penumpang sangat ergonomis.

Overhead console di bus ini juga dirancang up-to-date dengan ventilasi udara yang lebih kecil namun embusan anginnya kuat, yang memiliki pengontrol aliran angin bersama dengan lampu baca LED dan tombol perhatian ke pengemudi. Untuk kebutuhan hiburan, kabin bus juga dilengkapi dengan televisi LED berukuran besar dan LED TV berukuran lebih kecil di bagian tengah.

Bus ini dilengkapi dengan suspensi udara untuk membuat perjalanan menjadi nyaman saat melewati jalan bergelombang. Ground clearance bus bisa distel naik dan turun untuk memudahkan penumpang masuk atau keluar. Kabin bus juga dilengkapi dengan colokan untuk pengisi daya USB yang dipasang di antara sandaran kaki untuk ponsel dan gadget.

Penumpang mendapat fasilits layar monitor dan USB port

Mesin Scania K360 IB 4 × 2 di bus New Marcopolo ini berkapasitas 13-liter DC13 enam-silinder in-line, ini dilengkapi empat-katup per silinder, dengan turbo dan intercooler yang mampu menghasilkan 360 HP pada 1.900 rpm dan torsi maksimum 1.750 Nm pada 1.000 -1.350 rpm. Untuk transmisinya menggunakan girboks delapan percepatan otomaitk.

New Marcopolo juga dilengkapi dengan cruise control dan fungsi pembatas kecepatan. Dari segi keamanan,di  bus ini terdapat lima kamera CCTV di dalam kabin dan semua kursi terpasang dengan sabuk pengaman.

Fitur keselamatan standar lainnya adalah Scania Retarder dengan kontrol otomatis dan manual, rem cakram di gandar depan dan belakang, rem udara penuh dengan sirkuit independen, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang dikontrol secara elektronik, kontrol traksi, katup interlock dengan rem parkir, dan fungsi hill hold. Scania Filipina telah menerima pesanan 10 unit New Marcopolo dari P&O Transport, yang akan dioperasikan untuk memperkuat armadanya di rute Manila-Naga.