Cara Gampang Mengenali Bus-bus Baru Laksana

Cara Gampang Mengenali Bus-bus Baru Laksana
Hanya ubahan minor di bodi
 

Karoseri asal Semarang, Laksana akhirnya mendapat imbas postif hasil dari keikutsertaan mereka di ajang GIIAS 2023 lalu.

Selain menampilkan dua produk baru yakni bus Legacy SR3 Double Decker dan Tourista SR3, Laksana mampu memikat berbagai Perusahaan Otobus (PO) dan travel untuk meminang bodi bus anyar buatannya.

Terkini ada PT Raja Trans Palu yang sah menerima dua unit Legacy SR3 XHD Prime Ultimate menggendong sasis Hino RM 280. Dengan munculnya beberapa produk baru, kami jabarkan cara mudah mengenali bus-bus baru Laksana. 

1. Bus Legacy SR3 Double Decker

Pada saat perhelatan GIIAS, Laksana memajang dua Legacy SR3 Double Decker, masing-masing sudah jadi milik PO Rosalia Indah dan PO Harapan Jaya. Karakteristik Laksana seri Legacy SR3 Double Decker memiliki detail pada pintu ceiling, dashboard dan headlamp yang berbeda dengan seri sebelumnya. 

Bus ini juga memiliki struktur eksterior dan interior yang mewah dilengkapi dengan garis desain yang diinterpretasikan oleh Laksana sebagai bentuk kekokohan dari bus ini. Laksana turut memperlengkapi seri Legacy SR3 Double Decker dengan aplikasi signature position lamp di bagian belakang dengan detail dan elegan.

Didukung kabin mewah dan nyaman dilengkapi berbagai aksesori seperti upgrade multimedia, light system dengan kombinasi warna, bikin nuansa kabin lebih comfy dan aman bagi penumpang serta awak kabin dalam menempuh perjalanan jarak jauh.

Bodi bus Tourista SR3 berkonsep single glass (Momot)

2. Bus Tourista SR3

Bus Tourista SR3 adalah pilihan menarik bagi para PO dan travel yang memiliki sasis medium bus dengan visibilitas penumpang menjadi tujuan utama. Menggunakan konsep single glass, bus ini menggunakan clear laminated windscreen dengan 40% tinted tempered sehingga penumpang akan lebih leluasa menikmati pemandangan ketika melakukan perjalanan. 

"Untuk Tourista SR3 telah didesain secara keseluruhan seperti partisi dan dasbor berkonsep floating screen yang ergonomis. Dengan adanya seri terbaru ini kami harap dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi penumpang," kata Stefan Arman selaku Technical Director Laksana Dasbor. Oh ya dasbor tadi juga dibuat lebih tipis sehingga meminimalisir blindspot dari pengemudi dan membuat lebih aman dalam berkendara.

3. Bus Legacy SR3 Suites Combi

Bus Legacy SR3 Suites Combi dijejali lampu depan dan belakang menggunakan lampu SR3 terbaru yang terlihat lebih gagah. Adapun tujuan bodi “Combi” Laksana ialah, mampu menjadi satu model bus yang mengakomodir dua kelas fasilitas. Apapub tipe kabinnya terdiri dari first class cabin (dengan desain sarat kemewahan dan detail ornamen cabin) yang terdiri dari 4 cabin dan 10 grand suites cabin. Bus ini sangat cocok untuk penumpang yang lebih memilih untuk beristirahat selama perjalanan yang panjang. 

Sedangkan untuk bagian kaca, Bus Legacy SR3 Suites Combi menggunakan clear laminated windscreen dengan 40% tinted tempered glass pada bagian kabin penumpang dan bagian depan. Selain itu, bus ini juga dilengkapi dengan fasilitas hiburan layar monitor yang cukup besar dan audio video terupdate yang dapat dinikmati oleh penumpang selama perjalanan.

Bus Legacy SR3 XHD Prime dilengkapi lampu SR3 depan belakang baru (Momot)

4. Bus Legacy SR3 XHD Prime

Bus ini dilengkapi dengan lampu SR3 depan belakang yang baru dan dengan attractive stainless & chrome finish grill ornament. Eksterior dari bus ini didesain untuk tampilan yang timeless dan gagah. SR3 XHD juga dilengkapi dengan ergonomic driver control panel yang akan memberikan kenyamanan bagi pengemudi. Kemudian pada bagian cabin, penumpang bus dimanjakan dengan kursi yang nyaman untuk perjalanan panjang dengan jendela yang luas. Uniknya saat GIIAS 2023 lalu, tipe XHD Prime menghadirkan 2 tema khusus yaitu Cinema on the bus dan Meeting on the bus.