GIIAS 2018: Karoseri Tentrem Goda Pengunjung dengan Avante HDD, Bus Ekonomi dengan Chassis Premium

Maklum saja, bus ini dibangun di atas chassis premium Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 6x2 yang biasanya digunakan oleh banyak perusahaan otobus (PO) untuk armada bus eksekutif
 

Karoseri Tentrem dari Malang, Jawa Timur, mencuri perhatian pengunjung pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD City, 2-12 Agustus 2018 dengan memamerkan bus Avante HDD, model bus besar terbaru hasil racikan tim desainer Karoseri Tentrem, Malang.

Bus ini tampil begitu menarik karena selain menghadirkan bus dengan desain terbaru juga karena spesifikasinya yang merupakan bus ekonomi dengan bodi amat panjang, mencapai 13,5 meter atau 1,5 meter lebih panjang dari bus besar pada umumnya.

Maklum saja, bus ini dibangun di atas chassis premium Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 6x2 yang biasanya digunakan oleh banyak perusahaan otobus (PO) untuk armada bus eksekutif atau super eksekutif di rute antarkota. Nah, bus yang ditampilkan Karoseri Tentrem di GIIAS 2018 kali ini formatnya adalah bus ekonomi.

Yohan Wahyudi, Direktur Karoseri Tentrem Selasa (7/8/2018) mengatakan, bus ini merupakan bus keempat pesanan PO Bintang Utara Putra, perusahaan bus antarkota antar provinsi (AKAP) yang melayani trayek di Sumatera bagian Utara seperti tujuan Medan dan Pekanbaru serta Dumai.

Yohan menjelaskan, bus ini tidak dilengkapi dengan AC karena pemiliknya menghendaki bus tersebut akan dioperasikan sebagai bus ekonomi namun dengan layanan premium. Bangku kabin bus ini selesai pameran nanti akan dipasangi seats 2-2 di baris kiri dan kanan. Meski tanpa AC, bus ini memiliki sistem penghawaan atau sirkulasi udara kabin yang cukup baik Ini lantaran kaca samping bus di bagian atas, dilengkapi dengan ventilasi berupa kaca geser.

Bus ini juga dilengkapi dengan smoking room di bagian kabin paling belakang dan cukup untuk digunakan tiga orang sekaligus dalam waktu bersamaan. Selain itu, bus juga dilengkapi dengan televisi LCD berukuran besar serta toilet.

Perjalanan naik bus ini dipastikan sangat nyaman karena chassis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 menggunakan suspensi udara (air suspension) pada semua titik rodanya, membuat perjalanan menjadi sangat nyaman dan bus akan mengayun lembut di jalan bergelombang.