Inilah Jumlah Bus Di Indonesia Bulan Ini

Inilah Jumlah Bus Di Indonesia Bulan Ini
Bus paling banyak ada di wilayah Jawa Timur
 

Lembaga riset McKinsey asal Alanta, Amerika Serikat, di bulan April lalu merilis hasil penelitian mereka soal angkutan massal di seluruh dunia. Ditengarai bahwa dalam beberapa dekade ke depan akan menjadi masa dimana kendaraan pribadi tidaklah dominan di jalanan.

Karena berdasarkan temuan mereka, saat ini secara global, dominasi kendaraan pribadi di jalanan sekitar 45 persen. Penelitian yang dilakukan di 150 kota di seluruh dunia itu memberikan data bahwa telah terjadi penurunan keberadaan mobil pribadi di jalanan.

Lewat matriks Percentage of Passenger Miles Traveled (PMT) ditengarai akan terjadi penurunan populasi kendaraan pribadi di jalanan raya sampai 15 persen sampai tahun 2035.

Penyebabnya tak lain kehadiran beragam kendaraan alternatif yang beraneka ragam. Sebut saja, bus atau kereta komuter tanpa pengemudi, sampai taksi udara. Menurut McKinsey, perputaran bisnis di kendaraan umum inovatif maupun transportasi massal mencapai 440 miliar dolar AS sampai tahun 2030.

Baca juga : McKensey: Transportasi Massal Adalah Masa Depan

Sejalan dengan itu, pertumbuhan bus beraneka macam ukuran di Indonesia jumlahnya tidaklah kecil. Secara kasat mata hadi secara rutin bus baru di jalanan, baik yang rute AKAP serta AKDP, maupun milik instansi pemerintah maupun swasta.

Berdasarkan data Korlantas Kepolisian RI di bulan Juni 2023, secara nasional jumlah bus yang beredar di Indonesia jumlahnya 260.162 unit. Sementara itu populasi kendaraan bermotor secara keseluruhan sudah di angka 155.943.414 unit.

Provinsi yang paling banyak jumlah busnya adalah Jawa Timur di angka 41.419 unit. Wilayah kedua yang terpadat populasi bus adalah DKI Jakarta dengan jumlah 36.228 unit. Disusul besaran 34.792 unit yang ada di seluruh wilayah Jawa Tengah.

Baca juga : Bisnis Perusahaan Otobus Semakin Menjanjikan?

Area Jambi dan Jawa Barat berada di urutan ketiga dan keempat, masing-masing tercatat angka 33.654 unit dan 23.681 unit.

Provinsi Sulawesi Barat jadi wilayah dengan catatan terkecil untuk bus yaitu 72 unit. Dan pulau Bali jadi wilayah paling padat jumlah bus yang tercatat jika menilik luasan wilayahnya, 15.125 unit.

Baca juga : Penjualan Bus 2023 Kuartal I: Adu Laku Hino, Mitsubishi, Mercedes-Benz

Jumlah PO di provinsi Jawa Timur adalah yang terbanyak di Indonesia