Pasca GIIAS 2023 Jetbus 5 Adiputro Banjir Pesanan

Pasca GIIAS 2023 Jetbus 5 Adiputro Banjir Pesanan
Sasis masuk tahun ini akan selesai tahun 2024
 

PT Adiputro Wirasejati (Adiputro) mulai mendapatkan imbas positif dari peluncuran Jetbus 5. Bodi bus terbaru kreasi perusahaan karoseri asal Malang ini tak sekadar tampil modern dan mewah, tapi juga lebih safety dibanding generasi sebelumnya Jetbus 3. Klaim pemesanan untuk Jetbus 5 bahkan disinyalir sudah full hingga akhir Desember 2023.

Hal ini terungkap dari unggahan stutus grup Facebook dengan nama akun Karoseri Adiputro Lovers pada awal September 2023 bertuliskan "Adiputro jb 5 full booking". Terkait hal ini kami lantas mengonfirmasi langsung ke David Jethrokusumo selaku Direktur Adiputro. "Benar untuk (pengerjaan Jetbus 5,Red) yang selesai di Desember memang sudah penuh. Jadi sasis masuk bisa, tapi selesai setelah Desember," kata David saat dihubungi langsung (8/9). Artinya jika ada Perusahaan Otobus (PO) yang saat ini berminat dibangung bodi Jetbus 5 dengan sasis baru, atau sekadar facelift menggunakan sasis lama, bisa mendapatkan unitnya empat bulan ke depan alias di awal tahun 2024. 

Mercy Single Axle umumnya pakai bodi MHD (Momot)

Seperti diketahui saat peluncuran di GIIAS 2023 lalu, Adiputro merilis 6 varian Jetbus 5 terdiri dari MHD Dream Coach Jetbus 5, MHD Single Glass Jetbus 5, SHD Single Glass Jetbus 5, SHD Double Glass Jetbuss 5, Medium Single Glass Jetbus 5, dan SDD/Double Decker Jetbus 5. "Kami punya beberapa pilihan tapi umumnya kalau SHD dan SDD pakai Hino RM atau sasis Tronton. Sementara untuk Mercy Single Axle ya sudah pasti akan pakai bodi MHD," urai David.

Tingginya respon PO terhadap bodi bus baru ini terlihat dari 6 unit perdana Jetbus 5 edisi 50 Anniversary yang sah terjual. Mulai dari PO SAN sebagai pemilik SHD Single Glass, SHD Double Glass milik PO Sempati Star, SDD Jetbus 5 untuk PO GHTS, Jetbus 5 MHD Single Glass milik PO Jackal Holidays, Jetbus 5 Dream Coach milik Pandawa 87 serta Medium Single Glass Jetbus 5 untuk PO Travelink.      

Para pemilik pertama Jetbus 5 ini memang tengah bersiap memenuhi berbagai persyaratan untuk mengoperasikan bus-bus mereka. Salah satunya ialah PT Travelia Lingkar Sejahtera (PO Travelink) yang memilih menggapit bodi Medium Single Glass Jetbus 5 dengan sasis Mercedes-Benz OF 917 Long untuk penyewaan bus pariwisata di pulau Dewata, Bali. 

Meski menjadi berkah, David dan tim produksi Adiputro masih terus memetakan kapasitas produksi aktual bodi Jetbus 5 di markasnya. "Sampai saat ini masih belum bisa tertakar karena masih baru pasti ada hambatan-hambatan. Mungkin akhir tahun baru bisa kelihatan," tutup David. 

Baca juga: Siapakah KG Mobility Si Pemakai Bodi Jetbus 5 Versi Listrik?

Baca juga: Jetbus 5 "Edisi 50 Tahun Adiputro" Tidak Akan Pernah Diproduksi Ulang