Jetbus 5 "Edisi 50 Tahun Adiputro" Tidak Akan Pernah Diproduksi Ulang 

Jetbus 5
Punya banyak kelengkapan khusus
 

Karoseri Adiputro di ajang GIIAS 2023 secara khusus Wirasejati (Adiputro) resmi meluncurkan bus bodi terbaru berlabel Jetbus 5. Ada enam varian yang secara khusus diproduksi untuk juga merayakan setengah abad eksistensi perusahaan asal Malang, Jawa Timur ini.

Jetbus 5 SDD dengan sasis Volvo B11R ini punya dimensi panjang 13,5 meter (Momot)

Enam bus itu adalah; MHD Dream Coach Jetbus 5, MHD Single Glass Jetbus 5, SHD Single Glass Jetbus 5, SHD Double Glass Jetbuss 5, Medium Single Glass Jetbus 5, dan SDD/Double Decker

Barisan Jetbus 5 tersebut yang seluruhnya hadir dengan kelengkapan spesial dan tidak akan pernah dibuat ulang oleh Adiputro untuk unit manapun lagi.   
 
"Untuk spesifikasi enam bus edisi 50 tahun Adiputro ini, ya sudah untuk enam bus ini saja. Tapi berikutnya kalau ada (PO) yang ingin fitur-fiturnya menyerupai dengan bus ini tentu bisa. Tapi yang jelas kalau minta warna biru 50 tahun seperti ini tidak akan ada lagi, ini sudah selesai," tegas David Jethrokusumo, Direktur PT Adiputro Wirasejati saat diajak berbincang langsung (11/8). 

PO lain bisa pesan Jok besutan Aldilla seats tanpa bordiran 50 tahun

"Juga untuk interior, misalnya mau model dan warna joknya seperti di Jetbus 5 edisi 50 tahun ini juga bisa. Tapi kita bilang ke vendor Alldila Seats, gak boleh pakai embos 50 tahun lagi jadi memang spesial untuk enam bus yang kami pajang di GIIAS ini dan semua bus ini sudah pesanan konsumen kita," tambah David lagi.  

Lebih jauh David mengklaim jika proses evolusi Jetbus 3 ke Jetbus 5 sudah melalui proses panjang dan terencana. "Dari enam produk ini semuanya jagoan kami dengan pembaruan menyeluruh hasil pengembangan desain sejak 3 tahun yang lalu. Namun semakin diseriusi mulai dari skesta hingga ke prototype lalu moulding sejak setahun terakhir dan aktif produksi selama enam bulan," urai David. 

Jetbus 5 adalah generasi terbaru yang berevolusi besar-besaran sebagai kelanjutan dari seri Jetbus 3. Lihat saja penampakan salah satu model mereka yang paling mencolok yakni bus tingkat alias DD/Double Decker Jetbus 5 dari sasis Volvo B11R. Bus ini hadir dengan dimensi panjang 13,5 meter, lebar 2,5 meter dan punya tinggi 4,15 meter. 

Ubahan signifikan di wajah turut diimbangi revolusi interior (Momot)

Fascianya modern dengan desain lampu anti mainstream yang mengubah penempatan lampu kota (DRL) model LED memanjang di bagian atas, sementara untuk penempatan headlamp digeser agak ke bawah. Ubahan signifikan di wajah turut diimbangi revolusi interior demi kenyamanan penumpang bahkan kemudahan perwatan bagi PO yang menggunakannya.   

"Beberapa perubahan di interior, seperti duckting, dasbor kita desain ulang. Memang untuk dasbor mungkin tidak jadi perhatian bagi penumpang tapi kita juga pikirkan para owner. Sehingga untuk pengemudi, kalau dulu dasbor kita ini mati dan mau diperbaiki misalnya ada kerusakan elektrikal, harus dilakukan perbaikan dengan "ngolong" lewat bawah bodi bus," urai David. 

"Nah sekarang di generasi jetbus 5, panel dasbornya bisa diangkat untuk perbaikan tersebut bisa dilakukan dari dalam aja," tutup David. Sejatinya Jetbus 5 Adiputro hadir tak hanya mengedepankan estetika, tetapi juga keselamatan dan kenyamanan, seiring dengan komitmen mereka untuk membawa perusahaan asal Malang tersebut lebih kuat di usia yang genap setengah abad. 

Baca juga : Adiputro Resmi Meluncurkan Jetbus 5 dengan Enam Varian Baru

Baca juga : Desain Bus GIIAS 2023: Detail Dan Warna Jadi Kunciannya