SAN Buka Trayek Baru Bus Malam Pasir Pangarain-Pekanbaru-Tulungagung PP

Kabin bus ini dirancang dengan konfigurasi seat 2-2 berkapasitas 54 penumpang dilengkapi dengan toilet dan smoking area di kabin bagian belakang kiri.
 

Perusahaan Otobus Siliwangi Antar Nusa (SAN) akan membuka trayek baru bus malam antarkota antarpulau di trayek Pasir Pangaraian-Pekan Baru-Semarang-Tulungagung PP. Trayek ini akan direalisasikan dibuka bulan Maret 2018 ini. 

Kurnia Lesani Adnan, Direktur PO SAN mengatakan, trayek baru ini akan dilayani armada terbaru bus premium dengan chasis merk Scania K410ib 6X2 dengan balutan karoseri Laksana Legacy Sky SR-2 XHD Prime. "Ini wujud konsistensi management PO SAN untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan," kata Sani dalam keterangan persnya, Rabu (14/3/2018).

Kabin bus ini dirancang dengan konfigurasi seat 2-2 berkapasitas 54 penumpang dilengkapi dengan toilet dan smoking area di kabin bagian belakang kiri.

Bus Scania K410 IB 6x2 merupakan salah satu tipe chassis bus maxi yang beredar di Indonesia. Bus ini bisa dirakit dengan panjang bodi hingga 13,5 meter oleh pihak karoseri, yang mampu memaksimalkan daya angkut penumpang. Scania K410 Ib menggunakan 8 ban dengan tiga axle. Axle paling belakang merupakan auxiliary axle.

Kabin bus Scania K410 IB Siliwangi Antar Nusa saat dipamerkan di GIICOMVEC 2018.

PO SAN ini sebelumnya telah dipamerkan di booth United Tractors pada pameran kendaraan komersial GIICOMVEC 2018 yang diadakan pada tanggal 1-4 Maret 2018 di JCC Senayan, Jakarta.

Soal alasan mengapa PO SAN memilih bus Scania type K410ib untuk armada di trayek ini, Sani mengatakan, karena chassis bus ini memiliki kapasitas angkut penumpang dan barang yang lebih banyak namun tidak mengurangi kenyamanan dan keselamatan penumpang di jalan raya karena chasis bus ini dilengkapi fitur-fitur canggih untuk mensupport aspek keamanan dan kenyamanan di perjalanan.

 "Bus ini direncanakan akan mulai beroperasi di akhir bulan maret 2018 ini setelah persiapan unit lainnya selesai dari pengerjaan karoseri," kata Sani.