Sederet Kecangihan Bus Kota Terbaru Suroboyo Bus yang Hari Ini Diuji Coba

Bus ini memiliki dimensi panjang total 12 meter, lebar 2,4 meter. Bus dilengkapi dengan dua buah pintu, satu pintu di depan dan di bagian tengah.
 

Warga Surabaya patut bangga. Hari ini, Jumat, 29 Desember 2017, Pemerintah Kota Surabaya resmi menguji coba bus kota terbaru Suroboyo Bus, yang kelak akan melayani warga Kota Surabaya mulai Januari 2018. Bus yang akan dioperasikan nanti berjumlah delapan unit. 

Apa saja kecanggihan bus ini? Bus ini memiliki dimensi panjang total 12 meter, lebar 2,4 meter. Bus dilengkapi dengan dua buah pintu, masing-masing satu pintu di bagian depan dan satu pintu di bagian tengah.

Suroboyo Bus menggunakan mesin diesel yang dilengkapi dengan modul Electronik Control Unit (ECU) dan kaki-kakinya sudah menggunakan air suspension yang membuat ketinggian lantai bus bisa disetel atau disesuaikan saat bus menaikkan atau menurunkan penumpang di jalan raya.

Tinggi lantai bus atau ground clearance dari permukaan aspal 25 cm saat air suspension diturunkan dan 32 cm saat air suspension dinaikkan ke posisi standar.

Kabin bus dilengkapi dengan AC, kamera CCTV 2 titik di berbagai sudut bus, papan informasi, serta kursi penumpang pria dan wanita yang dipisah. Bus juga dilengkapi kursi untuk penumpang lansia, difabel dan ibu hamil. Untuk kondisi darurat, bus dilengkapi juga dengan tombol panik atau Panic Button.

Pintu kabin akan terbuka terbuka otomatis jika terjadi kebakaran, mesin bus mati atau aki bus mati. Selama pintu masih terbuka, bus tidak bisa dilajukan, sehingga aman, mencegah penumpang terjatuh.