Tata Starbus, Bus Hidrogen Fuel Cell dari Tata Motors

Dibandingkan dengan bus bermesin diesel konvensional, Tata Starbus diklaim mampu memberikan 40 hingga 60 persen efisiensi yang lebih baik. 
 

Tata Motors bekerja sama dengan perusahaan migas Indian Oil Corporation, baru-baru ini memperkenalkan bus hidrogen bertenaga listrik pertamanya. Bus ini saat ini sedang dalam tahap ujicoba operasi sebelum kemudian apakah akan diproduksi massal.

Bus hydrogen fuel cell yang diberi nama Tata Starbus ini akan merevolusi dunia transportasi massal di India karena bus ini dirancang lebih ramah lingkungan. Tidak hanya bebas polusi tapi juga bebas bising.

Penampang bus hydrogen fuel cell Tata Starbus.

Situs Financial Express melansir, Tata Starbus Fuel Cell mengandalkan tenaga dari hydrogen fuel cell yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 114 horse power dan electric propulsion motornya mampu menghasilkan tenaga maksimum 250 horse power. Torsi puncaknya mencapai 1.050 Nm pada 800 rpm dan mampu mengangkut hingga 30 penumpang.

Steering wheel Tata Starbus.

Dibandingkan dengan bus bermesin diesel konvensional, Tata Starbus diklaim mampu memberikan 40 hingga 60 persen efisiensi yang lebih baik. Bus ini dirancang cocok untuk dioperasikan sebagai bus antarkota karena endurance-nya yang dirancang cukup baik. Tata Motors rupanya tak terlalu risau soal pemasarannya nanti. Perusahaan ini sudah mengikat kontrak pembelian bus Tata Starbus dalam jumlah banyak dengan perusahaan transportasi, Mumbai Metropolitan Region Development Authority (MMRDA) tahun 2017 lalu.